Daerah

Air PDAM Loteng Kering, Pelanggan Mengeluh

Foto: Kondisi kran air yang kosong

Lombok Tengah, Talikanews.com – Kekeringan yang melanda Kabupaten Lombok Tengah kini merembet ke aliran air Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Loteng tidak lancar. Tercatat di lingkungan Tiwu Buak Kelurahan Jontlak Kecamatan Praya Tengah, satu bulan lebih tak dialiri air alias kering.

Warga di lingkungan tersebut mengaku kesusahan mendapatkan air bersih, meski sudah terpasangkan pipa saluran dan membayar iuran secara rutin tiap bulannya.

Seperti yang dikeluhkan Saidina Usman warga Jontlak, mengaku sudah dua bulan tidak menikmati air PDAM, disatu sisi bayar iuran tiap bulan.

“Sudah hampir dua bulan lebih tidak ada aliran air secara normal,” ungkapnya Selasa (2/10) dengan rasa kecewa.

Bapak yang akrab di panggil Idi ini juga mengaku warga yang memiliki sumur juga mengalami kekeringan dan mengandalkan aliran PDAM juga sulit.

“Warga disini juga sumurnya kering, mereka berharap PDAM jadi cadangan. Namun sama saja sekarang ini kering juga” tutur dia.

Terkait hal itu, Direktur Umum PDAM Lombok Tengah, H. Nursahim, justru membantah air PDAM kering, apalagi ada pemutusan aliran air .

“Kalau sudah terpasang berarti ada aliran. Tahunya masyarakat tidak dialiri, padahal sebentar bilang 2 bulan tidak dialiri,” cetusnya.

Lebih jauh lagi, Nursahim juga mengatakan ada jadwal giliran untuk pengaliran air karena debit air sudah mengurang lima puluh persen dari biasanya.

“Debit air saat ini berkurang 50 persen dan kita siasati dengan jadwal gantian dari kecamatan satu ke yang lainnya,” tutupnya.(TN-02)

Related Articles

Back to top button