Pemerintahan

Final, 30 September Pembukaan Pendaftaran CPNS NTB

Foto: Ilustrasi Penerimaan CPNS 2018

Mataram, Talikanews.com – Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi NTB, memastikan pembukaan pendaftaran CPNS sudah final yakni tanggal 30 September mendatang. Kalau sempat tertunda beberapa hari akibat kendala teknis berkait dengan formasi, namun pada akhirnya siap dibuka baik lingkup Pemprov juga kabupaten kota di NTB.

Kepala BKD Provinsi NTB, H Fathurrahman mengatakan pembukaan pendaftaran serentak tanggal 30 September itu dilakukan setelah seluruh tahapan proses formasi clear di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negera Reformasi Birokrasi (Menpan RB) yang dilanjutkan entri data di portal SSCN kemudian dilakukan verifikasi oleh Badan Kepegawaian Nasional (BKN) untuk Provinisi dan Kabupaten Kota di NTB.

“Kemudian BKN RI secara otomatis pendaftaran dibuka dan sudah dapat di akses,” ungkapnya, Jum’at (28/9).

Dia mengaku, meski BKD belum mendapatkan Petunjuk Teknis (Juknis). Namun, sesuai petunjuk pusat akan mengacu pada peraturan pengadaan CPNS nomor 9 tahun 2012. Untuk itu masyarakat NTB diharapkan bersiap siap mendaftar pada jadwal yang telah ditetapkan pusat. Dalam pendaftaran ini, kata dia BKN hanya menyiapkan satu portal saja yaitu http://www.sscn.bkn.go.id.
Adapun kebutuhan persyaratan lainnya, lanjutnya telah dijelaskan semua dalam portal tersebut. Artinya masyarakat tinggal mengikuti petunjuk yang tertera termasuk tahapan tahapan jadwal selanjutnya.

“Nanti sudah ada otomatis di sscn,” kata Fathur singkat.

BKD memsatikan formasi yang sudah terima masyarat NTB selama ini tidak akan ada perubahan mengingat jumlah formasi itu merupakan jatah provinsi dan kabupaten kota di NTB dari usualan yang dilayangkan daerah berdasarakan pada beban kerja daerah. Namun untuk dua kabupaten di NTB yaitu Dompu dan Sumbawa dipastikan formasinya klir hari ini (kemarin,red). Hal itu disebabkan ada revisi nomenklatur dan kualifikasi pendidikan pelamar di Kemenpan RB.

“Pendafataran ini berlaku nasional sehingga semuanya syarat dan kualifikasi ada semua di sscn,” jelasnya.

Untuk diketahui, Pemerintah Provinsi NTB mendapatkan kuota untuk CPNS sebanyak 2.915 dengan rincian, Provinsi NTB sendiri sebanyak 332, Lobar 185, Loteng 481, Lotim 225, Bima 332, Sumbawa 217, Dompu 173, Sumbawa Barat 226, KLU 264, Kota Mataram 262 dan Kota Bima 198.

“Yang paling banyak kuotanya yakni Lombok Tengah sebanyak 481 formasi,” tuturnya.

Angka itu lanjutnya jauh dari kebutuhan yang dilihat dari jumlah usulan pemprov NTB dan kabupaten kota di NTB sebelumnya yaitu Pemrprov sendiri mengajukan 6.133 CPNS dengan 700 formasi terdiri dari guru kelas sebanyak 30, guru agama 18, dan guru penjaskes 18. Adapun guru mata pelajaran sejumlah 284 formasi.

Selanjutnya untuk tenaga kesehatan diusulkan 201 formasi dan infrastrukur sejumlah 149 formasi. Angka 700 itu termasuk penambahan dari jumlah Batas Usia Penisunan (BUP) per 2018 ini, sebesar 411 formasi.

Sementara untuk usulan di kabupaten/kota, kota Mataram hanya mengusulkan formasi berdasarkan BUP sejumlah 498 orang saja. Terdiri dari guru kelas 247, guru agama 17, guru penjakses 17 serta guru mata pelajaran 17 formasi. Sementara untuk tenaga kesehatan di kota Mataram diusulkan150, infrastruktur 13 dan teknis lainnya 36 formasi ditambah jabatan pelaksana satu formasi saja.
Untuk Lombok Barat, telah diusulkan 215 formasi dari BUP 205 formasi.

Terdiri dari guru kelas 18 formasi, guru agama 18 dan guru penjaskes 18 serta guru mata pelajaran 56 formasi. Kemudian tenaga kesehatan diusulkan 75 formasi, Infrastruktur 11, Teknis lailainnya 24 dan jabatan pelaksana 11 formasi.

“Kita memang masih kurang dari kebutuhan tapi 2.915 yang diberikan untuk NTB. Pembukaan lagi tentu ada tahun depan,” tutupnya. (TN-04)

 

Related Articles

Back to top button