Daerah

Daerah Serambi Madinah Terlihat di Lotim, NTB

Lombok Timur, Talikanews.com – Setelah resmi menjabat sebagai Bupati Lombok Timur, H Sukiman Admi langsung menerbitkan surat himbauan kepada seluruh masyarakat Lombok Timur baik pegawai negeri, pegawai swasta, TNI/Polri, lembaga dan instansi vertikal, BUMN, BUMD, dan masyarakat untuk menghentikan segala bentuk aktivitas rutin ketika Adzan berkumandang dan bersiap melaksanakan ibadah shalat.

Selain itu, dalam surat himbauan bernomor 451.11/KESRA/2018 tersebut Bupati juga meminta agar semua kepala OPD dan pegawai pemerintahan untuk membaca Al Quran minimal 5 menit setelah apel pagi dan sebelum memulai aktivitas.

Surat himbauan yang di tanda tangani Bupati Lombok Timur H. Sukiman Azmy bertujuan untuk meningkatkan keimanan dan nilai nilai islam serta meningkatkan efektivitas kinerja.

Wakil Bupati Lombok Timur, H Rumaksi mengatakan himbauan tersebut disampaikan pertama kali saat serah terima jabatan.

“Daerah kita ini dikenal pulau seribu masjid bahkan serambi Madinah, artinya sebagai masyarakat Muslim wajib hukumnya laksanakan perintah Agama,” ungkapnya Jum’at (28/9).

Disatu sisi, Kabag Humas Pemkab Lotim Subhan menegaskan, himbauan itu disampaikan Bupati pasca serah terima jabatan.

“Beliau tidak akan menandatangani surat yang masuk sebelum edaran ini ditandatanganinya dan kemarin sudah di tandatangani pada kesempatan pertama menjabat sebagai Bupati,” kata dia.

Subhan juga menyatakan himbauan ini memberikan energi positif khususnya bagi Umat Islam, akan pentingnya keseimbangan hidup, keseimbangan waktu untuk urusan dunia dan akhirat. Himbauan Bupati inipun lanjutnya, mendapat respon positif masyarakat.

Gazali warga Sikur menyatakan himbauan ini sangat bagus dan harus di terapkan. Hal senada juga di sampaikan Intan mahasiswi asal Lotim ini mendukung aktivitas dihentikan sejenak saat Adzan berkumandang.

Himbauan penghentian aktivitas saat adzan berkumandang ini mengingatkan pada aturan yang di buat pemerintah Arab Saudi (Mekkah). Dimana setiap adzan berkumandang masyarakat yang melakukan aktivitas rutin di wilayah tersebut akan jeda sejenak untuk bersiap siap melakukan ibadah. (TN-04)

Related Articles

Check Also

Close
Back to top button