Sosial

Gubernur NTB Sebut Eksekusi Dana Rehabilitasi Kurang Sosialisasi

Mataram, Talikanews.com – Gubernur NTB, Dr Zulkiflimansah menyebut bahwa, Badan Nasioanl Penanggulangan Bencana (BNPB) kurang sosialisasi dalam hal cara penggunaan dana rehabilitasi dan rekonstruksi rumah korban gempa sebesar Rp 50 juta tersebut.

Hal itu yang membuat proses pencairan tersendat. Padahal apa yang sudah ditransfer ke rekening korban penerima segara dieksekusi dan dilaksanakn.

“Kalau ada hal-hal yang menurut masyarakat ribet hanya kurang sosialisasi,” ungkapnya Rabu (26/9).

Dia menegaskan, pola yang sebelumnya sedikit ribet itu Insya Allah akan sederhana. Itu diharapkan agar masyarakat penerima bantuan segera membuat rumah tempat mereka berteduh. Terlebih lanjutnya, kedepan akan memasuki musim hujan sehingga harus dipercepat dan dipermudah pencairan.

Dia mengaku, yang membuat sedikit ribet yakni adanya kelompok atau komunitas yang dibentuk. Akan tetapi, setelah disosisialiasikan sangat gampang pertanggungjawaban.

“Maksud BNPB, tidak ingin uang sudah dicairkan tapi pertanggung jawaban tidak akuntabel,” tegasnya.

Disinggung apakah dana itu sudah bisa dicairkan? Dia mengakui, menurut informasi beberapa kabupaten sudah seperti Lobar, KLU dan KSB sudah direalisasikan.

“Kemarin bertemu Bupati Lombok Barat, katanya sudah mulai direalisasikan,” tuturnya.

Bagaimana dengan tahap ke dua? Untuk tahap ke dua lanjutnya, akan dibicarakan dengan kepala BNPB karena hari ini akan bertemu.

“Nanti kita informasikan setelah bertemu sore ini,” tutupnya. (TN-04)

 

Related Articles

Back to top button