Politik

KPU Dompu Tetapkan 456 DCT Caleg

Dompu, Talikanews.com – KPU Kabupaten Dompu akhirnya, menetapkan 456 Daftar Calon Tetap (DCT) Calon anggota DPRD Kabupaten Dompu, Kamis (20/9) kemarin.

Ketua KPU Kabupaten Dompu, Rusdyanto ST mengungkapkan, tidak ada yang berubah dari dari jumlah Daftar Calon Sementara (DCS). Namun, dari aspek calonnya, terdapat lima orang yang telah berubah.Terdapat 5 (lima) orang calon yang telah diganti oleh partai politik (Parpol) nya karena tidak memenuhi syarat (TMS), ada yang mengundurkan diri dan telah meninggal dunia, bebernya.

“Alhamdulillah, setelah di verifikasi dan dinyatakan memenuhi syarat (MS), karena semua berkasnya lengkap dan sah,” terang Rusdy.

Ia menjelaskan, proses penetapan DCT diawali dengan meminta parpol mengecek nama, jenis kelamin, foto dan alamat yang tertuang dalam DCT.

“Kalau clear, maka parpol memberikan persetujuan dengan memaraf dan menandatanginya,” beber alumnus Makassar ini. 

Pada kesempatan itu, Ia juga menyampaikan apresiasi kepada pimpinan partai politik yang hadir atas kerjasama yang telah dibangun dengan baik antara penyelenggara dan peserta pemilu. Sehingga seluruh proses dan tahapan tidak ada yang dilaksanakan diluar ketentuan.

“Ini semua berkat komunikasi yang baik antara kita, sehingga tahapan kita dapat laksanakan dengan baik tanpa ada sengketa,” ujarnya memberikan apresiasi.

Kepada pimpinan partai politik yang hadir, Rusdy mengingatkan agar laporan awal dana kampanye disampaikan sesuai tahapan.

“Kalau tidak ini akan berdampak pada pembatalan sebagai peserta pemilu,” pungkasnya.

Diketahui, KPU Kabupaten Dompu telah menetapkan Daftar Calon Tetap (DCT) anggota DPRD Kabupaten Dompu dalam pemilu tahun 2019 melalui surat keputusan nomor : 60/HK.03.1/5205/KPU-Kab/IX/Tahun 2018 tertanggal 20 September 2018.

Selain menetapkan DCT, pada kesempatan tersebut juga langsung dilakukan penyerahan DCT kepada Bawaslu Dompu dan para pimpinan partai politik. Usai penetapan DCT ini, selanjutnya para caleg akan memasuki masa kampanye di mulai tanggal 23 September 2018 hingga 13 April 2019. (TN-05)

 

Related Articles

Back to top button