Ekonomi

LH Loteng Ogah Rincikan Biaya UKL, UPL Dan AMDAL

Lombok Tengah, Talikanews.com – Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lombok enggan beberkan biaya administrasi UKL, UPL dan Amdal.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Lombok Tengah, Lalu Rahadian mengatakan untuk biaya pengurusan UKL, UPL dan amdal sampai saat ini tidak memiliki standar harga.

“Biaya itu untuk tim teknis, tim ahli dan biaya rapat atau pertemuan. Jadi tergantung pemrakarsanya sanggupnya berapa, terkadang lebih banyak untuk memperlancar penilaian tim,” ungkapnya, Rabu (19/9).

Disinggung adanya keluhan masyarakat atau pemohon mengenai adanya biaya fantastis hingga tembus puluhan juta rupiah? Rahadian membantah adanya hal tersebut.

“Itu bukan kemauan Dinas, namun yang fantastis itu biasanya oleh jasa konsultan yang masang harga tersebut. Konsultan ini juga pihak ketiga jadi Dinas lingkungan hidup tidak tau menahu harga yang dipatok konsultan,” kilahnya.

Dia mengaku, biaya untuk mengurus kelengkapan perusahaan ini lebih banyak dikeluarkan ketika mendatangkan tim ahli, tim teknis dan biaya rapat. Kadis lingkungan hidup ini juga membeberkan biaya termurah kisaran di puluhan juta.

“Iya, paling murah segitu, puluhan seh ada,” cetusnya. (TN-02)

Related Articles