Pemerintahan

Perbaikan Draf Formasi Bikin Jadwal Pendaftar CPNS Di NTB Diundur

Mataram, Talikanews.com – Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang sedianya pada Rabu 19 September 2018, kembali diundur dengan tenggang waktu belum bisa dipastikan. Di undurnya jadwal itu beralasan, adanya perbaikan draf formasi oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB).

“Kami klarifikasi di Kemenpan-RB. Katanya masih ada perbaikan draf formasi yang kita terima. Kalau kouta CPNS sih tetap dan sampai saat ini masih menunggu infoemosi, mudahan mundurnya tidak terlalu lama,” ungkap Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi NTB, H Fathurrahman, Selasa (18/9).

Dia menjelaskan, kuota untuk NTB masih pada angka 2.915 dengan rincian, lingkup Pemprov sendiri sebanyak 332 orang. Kabupaten Lobar sebanyak 185, Loteng 481, Lotim 225, Bima 332, Sumbawa 217, Dompu 173, Sumbawa Barat 226, KLU 264, Kota Mataram 262 dan Kota Bima 198.

” Penundaan ini dialami Kabupaten/Kota di NTB,” kata dia.

Dia menjelaskan, diundurnya jadwal berkaitan dengan persyaratan secara teknis yang juga belum tuntas misalnya soal syarat ijazah. Pemerintah Provinsi mengaku kejelasan beberapa hal itu yang menjadi panduan utama dalam penerimaan rekrutmen CPNS ini awalnya akan diterima hari ini (kemarin,red). Namun, sampai saat ini belum ada konfirmasi dari Kementrian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

“Biasanya pengunduran pendaftaran 10 hari dari jadwal semula. Kalau hari ini tidak kelar di Kemenpan RB, kemungkinan akan diundur sampai 27 September ini,” cetusnya.

Selain soal jumlah di masing masing bidang di kabupaten, juga ada masalah lain seperti di lingkup Pemprov untuk formasi guru SMA/SMK syaratnya lulusan PGSD. Sedangkan PGSD ini unutk guru SD dan SMP. Masalah lainnya juga ada yang masih salah kaitan dengan guru bahasa Inggris tetapi penempatannya untuk SMK bahasa.

“Itu salah satu contoh yang belum kelar di pusat,” sebut Fathur.

BKD mengaku masih terus menunggu informasi tersebut dari pusat untuk disampaikan ke masyarakat NTB. Mengingat masyarakat NTB sudah banyak yang telah menyiapkan diri mendaftar. BKD berjanji akan tetap mengupdate informasi terbarunya.

“Kita masih tunggu. Kami tetap update terus perkembangannnya,” pungkasnya. (TN-04)

Related Articles

Back to top button