Hukum & Kriminal

Oktober, Kejari Limpahkan Berkas Pungli KadisDik Kota Mataram Ke Pengadilan

Mataram, Talikanews.com – Berkas pungutan liar (Pungli) yang dilakukan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Mataram, dipastikan rampung dalam waktu dekat. Sehingga, pada bulan Oktober mendatang, berkas tersebut akan dilimpah ke Pengadilan Negeri Mataram oleh Kejaksaan untuk proses persidangan.

“Kita sedang godok supaya supaya tuntas Oktober, artiya berkas Pungli itu bisa kita serahkan ke Pengadilan untuk proses persidangan,”ungkap Kepala Kejaksaan Negeri Mataram, Dr Ketut Sumedana, Senin (17/9).

Dia menjelaskan, Sudenom, selain ikut terjaring dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) suap pelicin proyek rehabilitasi sekolah pasca gempa bersama salah seorang Anggota DPRD Kota Mataram, berinisial HM, dan salah seorang kontraktor.

Sudenom juga sudah melakukan Pungli terhadap 60 orang guru dengan alasan tidak jelas. Dimana, uang hasil Pungli yang dapat dikumpulkan Sebanyak 120 juta lebih.

“Modus Pungli, minta kepada para guru secara variatif, ada yang Rp 2 juta, ada juga lebih,” kata dia.

Ketut juga tidak mengetahui pasti alasan Sudenom meminta uang. Karena, yang namanya atasan minta kepada bawahan, jelas bawahan tidak berani menolak.

“Apapun alasan, tidak diperbolehkan atasan meminta sesuatu terhadap bawahan. Beda halnya kalau atasan memberikan uang kepada bawahan, itu sih boleh, siapa tau atas kinerja, masuk hadiah,” ujar dia.

Dia menambahkan, sebagian guru yang dimintai uang oleh Sudenom sudah menjabat sebagai kepala sekolah. Sehingga, kuat dugaan Pungli tersebut, kemungkinan menjanjikan jabatan kepala sekolah.

“Yang jelas, berkasnya sudah proses penyidikan, tinggal dirampungkan untuk P21 kemudian diserhakan ke Pengadilan,” tutupnya. (TN-04)

 

Related Articles

Back to top button