Daerah

Sempat Bersitegang, Ketua PCNU Dompu Dijabat Ka BKAD

Dompu, Talikanews.com – Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kabupaten Dompu, Muhibudin, dipercaya sebagai Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Dompu peroode 2018 – 2022. 

Pemilihan pengurus PCNU itu diwarnai ketegangan pasalnya Muhibudin tidak masuk bursa pencalonan Ketua Dewan Tanfidz NU. Terlebih pesaingnya putra pengurus NU daerah setempat seperti Ir H Fatkhurozi, anak dari KH Salman Faris yaitu H Abdul Razak dan mantan Ketua Ansor Kabupaten Dompu, H Burhanudin.
Kendati demikian, sidang yang dipimpin H Lalu Winengan, juga Sekretaris Wilayah NU NTB dalam perjalan akhirnya bisa menerima kenyataan.

Dimana, H Abdul Razak dan H Burhanuddin, mundur saat meminta istirahat dari Ketua Dewan Suriyah PC NU Dompu. Saat akan melakukan pemilihan dan penyampaian visi misi, H Fatkhurrozi juga memilih mundur dan mendukung H Muhibudin untuk dapat membesarkan NU Kabupaten Dompu. 

Hal inilah yang memancing keributan, penyebabnya nama Fatkhurrozi sudah di gadang- gadang 8 MWC, Kabupaten Dompu.

“Penyataan H Fatkhurrozi untuk mendukung H Muhibudin menjadi Ketua, belum jelas. Jadi saya minta ada kejelasan,” tegas Rahmat Ismail, MWC Kecamatan Dompu.

Selaku pimpinan sidang, H Lalu Winengan, mengatakan, pemilihan suara di NU itu selain voting, lebih mengedepankan musyawarah mufakat. Jadi apa yang dilakukan di Dompu, bisa menjadi Pelajaran bagi PC yang lain.

“Ya memang tegang, kan sudah selesai. Dan semua menerima dan akan bersama-sama membesarkan NU. Inilah NU, tidak gila jabatan, tapi kalau mendapat mandat, semua akan all out,” tegasnya.

Kalau pun demikian, pengurus Wilayah NU NTB memberi waktu dua minggu, kepada Ketua terpilih untuk segera menyusun kepengurusan agar SK PC NU Dompu, segera diterbitkan. Sehingga, pelantikan bisa digelar bulan Oktober nanti, dirangkai tablig akbar.

“Saat pelantikan nanti, kalau bisa PC NU Dompu mengundag Ketua Umum PBNU, KH Said Agil Syiroj,” harapnya.

Terpisah, Ketua Konfercab NU Kabupaten Dompu, H Abdul Gani mengatakan, selain memilih pengurus baru, Konfercab ini juga untuk kembali meneguhkan ukhuwah islamiyah di Kabupaten Dompu.

“NU yang merupakan Organisasi Islam yang berlandaskan Ahlusunnah Wal Jamaah, Merupakan salah satu Ornamen penting dalam menjaga keutuhan NKRI,” katanya.

Disatu sisi, Ketua Karateker Pengurus Cabang NU Kabupaten Dompu, HM Ilham Israil mengumumkan pengaktifan Pengurus Cabang NU untuk mengembalikan amalan-amalan yang dijalankan NU bisa berjalan kembali.
Ilham berharap, NU yang pernah besar di Dompu di era KH Salman Faris dan H Anas, bisa berkembang lagi.

“Kebangkitan NU Dompu ini sudah lama di rindukan oleh warga Nahdiyin dan Warga Bumi Nggahi Rawi Pahu,” katanya.

Ia berharap, dengan terpilihnya pengurus baru harapan itu tumbuh.

“Para pengurus untuk segera menjalankan tugas-tugas untuk menyalakan kembali ajaran-ajaran

Ahlusuna Wal Jamaah,” bebernya.
Adapun, tema Konfercab kali ini, yakni Penguatan Aqidah Jami’ah Ahlusunnah Wal Jamah untuk mempererat ukhuwah Islamiah, Wathoniah, Basyariah. (TN-05)

Related Articles

Back to top button