Pariwisata

Bule Bersihkan Sampah Pantai Selong Belanak, Di Hari Kebersihan Dunia

Mataram, Talikanews.com – Para wisatawan asing yang berada di Pantai Selong Belanak, Lombok Tengah, melakukan kegiatan sosial bersih-bersih sampah di lokasi wisata tersebut, Sabtu (15/9), guna merayakan Hari Kebersihan Dunia.

Kegiatan bersih-bersih tersebut, berkaitan pula dengan peresmian Lembaga Peduli Selong Belanak (Selong Belanak Community Association) dan Sistem Pengelolaan Sampah Zero Waste, dimana maksudnya tidak ada sampah yang masuk ke laut atau TPA pada Hari Kebersihan Dunia tahun ini.

Sebagaimana diketahui, Indonesia berada di peringkat dua dunia untuk bahan plastik yang masuk ke laut, setelah China yang berada diperingkat satu. Banyaknya masalah yang berhubungan dengan kurangnya infrastruktur dan pendidikan mengenai penggunaan plastik yang sekali pakai saja, menjadi dasar dibentuknya Lembaga Peduli Selong Belanak (SBCA) untuk melindungi daerah Selong Belanak dari masalah sampah yang semakin besar.

Kepala Desa Selong Belanak, Lalu Yahya, menjelaskan dampak dari sampah dan plastik yang tidak dikelolah dengan baik pada lingkungan, sistem sosial dan ekonomi sangatlah besar dan tidak bisa diabaikan. Oleh karena jumlah penduduk dan jumlah wisatawan yang meningkat pesat di Selong Belanak, sudah waktunya untuk menggunakan sistem pengelolahan sampah zero waste.

Kades Selong Belanak mengapresiasi pihak SBCA, lembaga berbasis anggota dan secara keuangan didukung oleh dana dari bisnis dan individu yang berdedikasi untuk menjaga kebersihan Selong Belanak, dengan mengikuti prinsip-prisnip lingkungan yang zero waste.

“Semua sampah yang diangkut dari tempat sampah SBCA dijamin tidak akan pernah masuk ke TPA atau laut,” katanya.

Sistem pengelolahan sampah zero waste menjadi alasan untuk dilakukan di Lombok. SBCA sedang mengumpulkan masyarakat dan perusahaan untuk saling membantu dalam hal pengumpulan sumber daya dan membangun semangat untuk lingkungan Selong Belanak dan masyarakatnya.

SBCA menurut Yahya, berharap bahwa pantai dan Desa Selong Belanak bisa menjadi tempat yang bebas sampah supaya para generasi muda selanjutnya bisa menikmati lingkungan yang bersih dan mendukung seperti yang dirasakan nenek moyangnya sebelumnya.

Untuk itu, para anggota dan pengelolah SBCA, Sabtu pagi, bertemu di pantai Selong Belanak, pukul 9.00 Wita, untuk merayakan peresmian program yang penting dan inovatif. Para Bule di Selong Belanak berbaur dengan masyarakat setempat mengambil sampah dari pantai dan tempat terdekat lainnya untuk selanjutnya akan disortir, diproses, dan didaur ulang. (TN-04)

Related Articles

Back to top button