Lifestyle

Rayakan HUT TNI, Kodim Dompu Tanam Mangrove

Dompu, Talikanews.com – Momentum Hari Ulang Tahun (HUT) ke73 Tentara Nasional Indonesia (TNI), Kodim 1614 Dompu, menggelar kegiatan penghijauan di pesisir pantai Dusun Soro Kecamatan Kempo, Jumat pagi (14/9).

Dalam sambutannya, Komandan Kodim (Dandim) 1614/Dompu Letkol Czi Arief Hadiyanto S IP, mengucapkan di hari HUT ke73 TNI ini, pihaknya sengaja menggelar kegiatan penghijauan dengan menanam tanaman Mangrove.

“Kegiatan ini sebagai bukti kecintaan dan perhatian TNI, terhadap masa depan kelestarian alam Kabupaten Dompu,” ujarnya.

Menurutnya, bahwa sebagian besar pantai di Kabupaten Dompu ini banyak mengalami abrasi sehingga dengan tanam Mangrove ( bakau ) akan memperbaiki sirkulasi udara. Bahkan kata Dia, bisa diketahui bersama beberapa kasus di jakarta terutama Jakarta Utara yang mengalami gangguan pernafasan dapat disembuhkan dengan melakukan aktifitas menghirup udara disekitar Lokasi tanaman Mangruf (bakau).

“Inilah alasan kenapa kami melakukan kegiatan penghijauan dan kegiatan ini sebagai bentuk memberikan contoh kepada masyarakat dan lainya agar perlu kirianya menjaga kelestarian alam terutama wilayah Laut dan Kawasan Hutan,” jelasnya.

Dandim menyebut, Kodim 1614/Dompu sudah sering kali mengadakan dan melakukan kegiatan seperti penghijuan terutama di wilayah Kawasa Hutan.

“Maka dari itu kami mengajak semua komponen masyarakat agar bisa sadar dan melakukan kegiatan penghijauan,” ajaknya.

Arief Hadiyanto menambahkan, dalam rangka memperingati HUT TNI ini, pihaknya juga mengadakan berbagai kegiatan antaralain, Perlombaan bola volly antar kecamatan guna meningkatkan atletik lokal. Pertandingan lomba Catur antar kecamatan dan kegiatan lainya.

“Kami atas nama Kodim mengucapkan terima atas kehadiran dan partisipasinya mari kita budayakan satu menit kita menanam manfaatnya sangat panjang,” tuturnya.

Diketahui, acara ini diawali dengan pelaksanaan apel kegiatan yang diikuti secara langsung oleh Anggota Makodim 1614/Dompu, Anggota Polres Dompu, Unsur Muspika, Anggota KPH Resort Kempo, Dinas Perikanan dan Kelautan, Persit KCK cabang XXVIII Kodim 1614/Dompu, Anggota Puskesmas Kempo, Toga,Tomas dan Para pelajar. Kemudian dilanjutkan, dengan laporan yang disampaikan secara langsung oleh Koordinator Kegiatan Penghijauan, Danramil 1614-02/kempo Lettu Inf M Kasim kepada Dandim 1614/Dompu.

Hadir dalam acara tersebut, Dandim 1614 Dompu Dandim 1614/Dompu Letkol Czi Arief Hadiyanto SIP, Perwira dan staf, Kapolres Dompu AKBP Erwin Suwondo SIK MIK serta Kapolsek Kempo, Kajari Dompu Edy Nursapto SH. Ketua Pengadilan, Camat dan para Kades Kecamatan Kempo dan Kadis Perikanan dan Kelautan Dompu Ir Wahidin. (TN-05)

 

Related Articles

Back to top button