Politik

Pasca Disempurnakan, Ribuan DPT Loteng Berkurang

Lombok Tengah, Talikanews.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lombok Tengah menggelar pleno penyempurnaan Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pemilu 2019. Alhasil, terjadi pengurangan DPT dari 734.328 orang menjadi 732.175 orang.

“Iya sebanyak 2.153 orang berkurang karena data ganda, meninggal dunia dan ada juga pindah penduduk,” ungkap ketua KPU Loteng, Ary Wahyudi, Kamis (13/9).

Ary menjelaskan, rapat penyempurnaan ini pertama kali dilakukan KPU, karena biasanya, ketika DPT sudàh ditetapkan maka dianggap final. Akan tetao, demi mendapatkan data yàng valid, KPU RI mengeluarkan kebijakan baru berupa rapat pleno terbuka penyempurnaan DPT pemilu 2019.

“Pemilu bukan hanya tanggung jawab KPU dan Bawaslu namun tanggung jawab bersama dan Acara pleno tersebut semata mata untuk menyamakan persepsi agar data pe pemilih pada pemilu 2019 di Loteng berjalan baik demi menghindari kecurigaan dari masyarakat terkait data DPT. Sehingga, KPU berupaya agar masyarakat dapat memberikan hak suaranya,” kata dia.

Divisi Teknis pada KPU Loteng, Sansuri menyampaikan, inti pleno adalah penghapusan data ganda pemilih berdasarkan rekom Bawaslu dan pihak Parpol sekaligus merupakan jawaban KPU atas isu nasional terkait data atau pemilih ganda. Selanjutnya KPU melakukan pencermatan dengan menyandingkan data DPT terakhir Pemilu.

Bicara rekomendasi Bawaslu Loteng, yang diserahkan terkait dugaan pemilih ganda sebanyak 2.104 orang. Data itu sudah ditindaklanjuti KPU dengan melakukan verifikasi faktual/door to door.

Disatu sisi, Ketua Bawaslu Loteng, Abdul Hanan menegaskan, rekomendasi tersebut semata-mata mendapatkan data pemilih yang valid serta dapat dipertanggung jawabkan dengan baik sesuai diharapkan Pemilu 2019 dapat berlangsung dengan lancar.

“Ini semua kita lakukan karena, selama ini persoalan DPT selalu menjadi masalah setiap Pemilu maupun pilkada,” tutupnya. (TN-03)

Related Articles

Back to top button