Politik

KPU Dompu Minta Parpol Serahkan Caleg Cadangan

Foto : Ketua KPU Dompu Rusdianto ST

Dompu, Talikanews.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Dompu, meminta partai politik (parpol) peserta pemilu 2019 agar segera menyerahkan calon pengganti Daftar Calon Sementara (DCS).

“Semua Parpol agar segera menyerahkan calon anggota legiatif cadangan, pengganti DCS,” ungkap Rusdianto ST, Ketua KPUD Kabupaten Dompu, saat ditemui media ini.

Menurutnya, langkah ini untuk mengantisipasi caleg-caleg yang gugur dalam proses pencalonan, seperti mengundurkan diri, sakit berat, dan lain-lain.

“Ketika DCS, lalu ada caleg bermasalah, kami tidak akan memberikan kesempatan lagi kepada parpol buat mengganti sebelum ada DCT (daftar calon tetap),” ujar Dae Rusdi sapaan akrabnya.

Ia meminta, agar parpol harus memastikan ketersediaan caleg pengganti dengan baik, mengingat setelah ini tidak ada lagi perbaikan dan perubahan.

“Kami harap parpol mengajukan semua berkas calon pengganti lengkap dan sah, karena tidak ada lagi perbaikan dokumen setelah ini,” bebernya.

KPU sendiri, tidak membatasi calon cadangan pengganti DCS yang akan diajukan oleh parpol.

“Kami tidak berhak menentukan jumlah caleg cadangan tersebut,” tegas pria berkacamata ini.

Diketahui, KPU memberikan waktu pengajuan calon cadangan untuk 16 parpol 04-10 September. Untuk Wilayah Kabupaten Dompu, jumlah keseluruhan caleg 456, terdiri dari 285 caleg pria dan 171 caleg wanita. Terdiri dari 4 Dapil, dengan total 30 kursi. (TN-05)

 

Related Articles

Back to top button