Daerah

16 Ribu Rumah Korban Gempa di Loteng Tunggu Dana Rekonstruksi

Lombok Tengah, Talikanews.com – Sebanyak 16 ribu unit rumah korban gempa bumi di Lombok Tengah yang sudah diverifikasi Pemerintah Daerah setempat kemudian diusulkan mendapat anggaran rekonstruksi atau perbaikan dari pemerintah pusat.

“Jumlah itu tergabung tiga kategori, berat sedang dan ringan, ” ungkap Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) Lombok Tengah, L Firman Wijaya, Selasa (5/9).

Dia merincikan, dari 16 ribu itu sebanyak 2.500 mengalami rusak berat. Sedangkan sisanya ada yang rusak sedang dan ringan.

Firman menjelaskan, Dinas hanya mengusulkan sesuai tingkat kerusakan dilapangan. Dimana, yang menentukan untuk dapat bantuan atau tidak tergantung pemerintah pusat, karena data itu akan serahkan kepada pihak perbankan yang ditunjuk pemerintah sebagai penyaluran bantuan.

Dia mengaku tidak mengetahui kapan direalisasikan karena, pemda hanya bertugas verifikasi sesuai fakta dilapangan bersama tim, kemudian data diserahkan ke pihak perbankan sambil menunggu jukla juknis pencairan.

Yang jelas, harapan supaya bantuan rekonstruksi bisa segera dicairkan, supaya rumah warga yang rusak bisa dibangun kembali dengan cepat. Proses pengawasan nanti dikawal aparat penegak hukum, dan Dinas pun akan bentuk tim pengawas. Dengan demikian, tidak ada celah oknum untuk bermain dalam penyaluran bantuan tersebut. (TN-04)

Related Articles

Back to top button