Nasional

Presiden Pastikan Rumah Tahan Gempa Bisa Digunakan Sebelum Musim Hujan

Lombok Utara, Talikanews.com – Presiden RI, Ir H Joko Widodo meminta supaya, rumah tahan gempa yang akan dibangun supaya bisa digunakan sebelum musim hujan.

“Proses pembangunan harus cepat, karena akan segera memasuki musim penghujan, sehingga rumah itu bisa dipakai sebelum musim hujan datang,” arahannya di Pemenang, Minggu (2/9).

Selain arahan soal percepat pembangunan rumah tahan gempa bagi korban gempa bumi, sapaan Jokowi tekankan agar penggunaan dana rekonstruksi tidak dipotong oleh siapapun. Dimana, uang tersebut betul-betul semua dipakai untuk pembangunan rumah.

Kemudian, tumah yang dibangun harus benar-benar Rumah tahan gempa, sehingga kalau ada gempa, rumah Masyarakat tidak ada masalah lagi. Untuk itu dalam proses pembangunan nanti akan didampingi pihak Kementrian PUPR, para Insinyur dan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi yang ahli bangunan di Indonesia.

“Bagi rumah yang materialnya bisa dipakai, saya sarankan untuk bisa dipakai. Sehingga dana yang diberikan betul-betul cukup untuk membangun,” kata dia.

Dia melanjutkan, setelah selesai membangun, jika ada kelebihan biaya supaya dipersilahkan dipakai untuk kebutuhan yang lain.

“Tapi prioritas utama untuk rumah, karena akan dicek nanti bahwa uang harus benar-benar untuk bangun rumah,” tutupnya.

Untuk diketahui, sebanyak 5.293 rumah telah selesai diverifikasi pemerintah untuk kemudian menerima dana rekonstruksi. Ada pun rincian, bagi rumah rusak berat mendapat bantuan Rp 50 juta, untuk rusak sedang Rp 25 juta dan rusak ringan Rp 15 juta. (TN-04)

 

Related Articles

Back to top button