Daerah

Lantik BPD Dan Pjs, Bupati: Bawa Amanat, Persiapkan Mental

Lombok Tengah, Talikanews.com – Bupati Lombok Tengah, H Moh Suka FT ambil sumpah jabatan 932 orang anggota Badan Permusyawatan Desa (BPD) terpilih yang akan bertugas di 106 Desa.

Usai melantik, sapaan Uhel itu meminta kepada para BPD supaya persiapkan mental karena dalam waktu dekat, akan dihadapkan Pemilihan Kepala Desa.

“Selain dihadapkan pemilihan kepala desa. BPD juga bertugas mengawal penggunaan Dana Desa dan Anggaran Dana Desa,” ungkapnya, di Halaman Kantor Bupati Loteng, Kamis (30/8).

Pada kesempatan sama, Bupati Loteng dua periode itu juga melantik 11 Pjs Kepala Desa yang sudah berakhir masa baktinya. Acara itu di meriahkan musik tradisional Gamalan yang di bawakan Siswa SMPN 4 Praya Barat.

“Alhamdulillah Wassyukurillah atas segala limpahan rahmat, hidayahNYA, kita dapat berkumpul dalam acara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Pjs Kades dan BPD,” kata dia.

Khusus para Pjs Kades, kedepan Pjs juga akan menghadapi permasalahan yang komplek pada masyarakat. Untuk itu, persiapkan mental karena, anggaran desa akan diperiksa BPK sehingga berpesan jangan semena-mena dalam menggunakan anggaran tersebut.

Dimana, anggaran tersebut harus digunakan untuk dan demi kemaslahatan masyarakat. Pjs juga harus selalu tanggap dengan permaslahan di masyakat, serta tidak membiarkan terlalu berlarut larut.

“Jika ada masalah, segera ditanggapi. Jangan biarkan terlalu lama yang menyebabkan persoalan dibelakang hari,” tegasnya.

Dia memaparkan, setiap desa mendapatkan anggaran sekitar Rp 2 Miliar, bahkan di salah satu desa DD tembus Rp 2,5 Miliar dan itu satu-satunya desa yang mendapatkan anggaran terbanyak di Loteng.

“Pegang amanah, ikhlas dan jujur dalam melaksanakan tugas dan bawa amanat masyarakat, bukan sekadar ucapan sumpah tapi tunjukkan dalam kerja nyata,” pesannya.

Suhaili juga menyinggung soal bencana gempabumi yang melanda masyarakat NTB pada umumnya, Loteng khususnya, supaya merapatkan barisan guna membangun masyarakat secara bersama sama. (TN-03)

Related Articles

Back to top button