Pemerintahan

Baiq Diyah Berikan Guru dan Masyarakat Kekuatan 4 Pilar Kebangsaan

Lombok Tengah, Talikanews.com – Antara misi kemanusiaan dan kunjungan kerja, keduanya terus berjalan berdampingan bagi Hj Baiq Diyah Ratu Ganefi yang juga anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Dapil NTB.

Disela – sela kunjungannya untuk membantu warga korban gempa Lombok, dirinya menyempatkan diri untuk memberikan kuliah umum tentang 4 Pilar Kebangsaan terhadap Guru dan Masyarakat di Desa Jelantik Kecamatan Jonggat Kabupaten Lombok Tengah.

Beragam aspirasipun terkumpul dalam forum yang dihadiri oleh ratusan orang peserta dari unsur tenaga pendidik atau guru, tokoh pemuda dan masyarakat ibu – ibu rumah tangga pada Sabtu (25/8).

Seminar dengan tema “Pancasila Sebagai Dasar dan Edeologi Negara, UUD Tahun 1945 Sebagai Konstitusi Negara dan Ketetapan MPR RI Negara Kesatuan Republik Indonesia Sebagai Bentuk Negara Bhineka Tunggal Eka merupakan Semboyan Negara”, banyak mengupas tentang edelogi bernegara sebagaimana yang diamanatkan dalam Undang – Undang dan Pancasila.

Isu central tentang dunia pendidikan pun, menjadi pembahasan hangat yang mencuat dalam forum ini, utamanya dikaitkan dengan implementsi perundang – undangan konstituen dalam bernegara. Tak dipungkiri juga, aspirasi demi aspirasi tentang pembangunan daerah dari para peserta, juga menjadi catatan penting yang harus diteruskan kepemerintah pusat dan diberikan solusi.

“Didalam situasi seperti saat ini dengan adanya musibah mari kita tetap semangat, jangan sampai kita kendor tentang pemikiran negara kesatuan Indonesia. NKRI, Edeologi Pancasila, dan Undang – Undang menjadi satu kesatuan yang tidak terpisahkan, sehingga nantinya seluruh anak bangsa mengerti tentang kuatnya dasar negara, ungkap Baiq Diyah Ratu dihadapan ratusan orang peserta.

Senator Perempun Asal Lombok ini, merupakan satu dari lima orang tokoh yang sengaja dihadirkan pada kuliah umum kerjasama MPR RI dan DPD IWAPI Provinsi NTB. Antusias seluruh pesertapun tercermin menjadi sebuah dukungan kepada Baiq Diyah Ratu Ganefi, untuk melanjutkan kembali kiprahnya sebagai tokoh daerah dikancah nasional, dalam perhelatan pemilihan Anggota DPD RI pada April mendatang.

“Mudah mudahan apa yang pelungguh sampaikan berupa aspirasi terutama permasalahan kurikulum pendidikan dan buku buku pendidikan yang menyalahi aturan pola pembahasan ini nanti akan kita pertegas agar menjadi progres di pemerintah pusat,” katanya menyikapi.

Hiburan kecil yang disuguhkan Baiq Diyah pun, semakin menjadi penghangat dalam diskusi dan tatap muka tersebut. Sedikit senyum dan tawa dalam kegiatan ini, menjadi penting sebagai trauma healing bagi peserta yang juga merupakan korban dari bencana alam gempabumi Lombok.

“Jangan lupa kita selalu berdoa dan beribadah agar bencana alam di bumi Lombok ini cepat berlalu, hingga kita bisa bangkit kembali membangun kembali untuk masa depan daerah dan bangsa,” tutupnya.(TN-04)

Related Articles

Back to top button