Nasional

Sandiaga Uno : Gempa Lombok Layak Status Bencana Nasional

Mataram, Talikanews.com – Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Salahudin Uno menyebut bahwa bencana gempabumi Lombok layak dinaikkan statusnya menjadi bencana nasional. Hal itu dikatakannya, melihat dari jumlah korban jiwa mencapi ratusan jiwa, begitu juga dengan luka-luka dan ratusan ribu rumah warga hancur.

“Sudah sangat layak ditingkatkan statusnya menjadi bencana nasioanl karena efeknya sangat masif,” ungkapnya saat kunjungi Ponpes Nurul Hakim, Kediri, Lombok Barat, Rabu (15/8).

Dia memaparkan alasan menyatakan layak jadi bencana nasiaonal. Dimana, untuk Recovery atau mengembalikan kondisi Lombok seperti semula dan itu akan ditangani pemerintah pusat. Kementerian terkait jelas akan turun tangan ambil bagian untuk memulihkan identitas lombok dengan sebutan ‘Lombok Strong’.

Ketika disinggung mengenai kedatangan ke Lombok apakah ada kaitan dengan politik? Calon wakil presiden 2019 yang akan mendampingi Prabowo Subianto itu membantahnya. Kedatangannya itu semata-mata untuk kemanusiaan korban gempabumi lombok.

“Saya di undang pak Gubernur terpilih. Beliau (Pak Zul, red) teman baik saya. Jadi kita ada beberapa kegiatan. Kegiatan sosial untuk bantu masyarakat, kita ingin bersimpati kepada para korban gempa,” kata dia.

Sandiaga Uno juga membantah bila kedatangannya sebagai ajang kampanye menjelang pilpres. Mantan wakil gubernur DKI Jakarta ini menyatakan bahwa kedatangannya sebagai bentuk simpati kepada korban bencana.

“Innamal a’maalu bin niyyat. Untuk politisasi bencana atau untuk mematuk-matuk diri di depan masyarakat bahwa kita ini peduli, nggak. Saya niatnya membantu dan ini atas undangan pak Zul juga,” tegasnya.

Yang jelas lanjutnya, kedatangannya untuk menyerahkan babtuan logistik berupa makanan, kebutuhan bahan makanan pokok bagi korban. Terutama kebutuhan bagi anak-anak yang menjadi korban gempa berkekuatan 7 SR itu.

“Salam pak Prabowo, tidak bisa ikut karena ada kegiatan penting. Memang sesuai rencana pak Prabowo ikut, tapi ada hal penting tidak bisa ditinggal,” tuturnya.

Terkait hal itu, gubernur terpilih Dr Zulkiflimasah menjelaskan, yang diundang untuk kegiatan sosial korban bencana gempa lombok, bukan hanya Sandiaga Uno saja. Melainkan gubernur terpilih provinsi Jawa Barat Ridwan Kamil.

“Malah besok kang Ridwan Kamil kunjungi Lombok,” ujarnya.

Gubernur terpilih itu juga menambahkan, selain Ridwan Kamil, masih banyak yang akan menyusul ke lombok yang tidak bisa disebutkan namanya satu persatu untuk kegiatan kemanusiaan gempabumi lombok. (TN-04)

Related Articles

Back to top button