Pemerintahan

Rapat Pembahasan Rancangan KUA-PPAS Loteng Diwarnai Protes

Lombok Tengah, Talikanews.com – Rapat pembahasan rancangan KUA-PPAS untuk dijadikan RAPBD Loteng 2018, di gedung DPRD Lombok Tengah diwarnai aksi protes dari kalangan wakil rakyat.

Protes itu muncul lantaran ketidak hadiran Bupati Loteng, H.M Suhaili FT selaku top leader pemerintah dalam sidang paripurna DPRD Loteng dengan agenda Rancangan KUA PPAS Terhadap Perubahan APBD tahun 2018.

Protes pedas dilayangkan M Tauhid. Dihadapan pejabat, Dia mempertanyakan ketidak hadiran Suhaili yang mana digantikan oleh Sekda Loteng, HM Nursiah. Padahal menurutnya, sidang paripurna kali ini sangat penting yang menyangkut hajat hidup orang banyak.

“Kehadirannya sangat penting sebenarnya, kami sayangkan kenapa harus digantikan oleh Sekda,” tegasnya, Kamis (16/8).

Politisi Gerindra itu menegaskan, ketidak hadiran Bupati saat ini menjadi catatan bagi dewan. Sebab, kehadiran Bupati itu sangat penting dan seharusnya tidak boleh digantikan. Tidak hanya soal pimpinan, Anggota Komisi III ini juga menyorot tingkat kehadiran sejumlah Kepala SKPD yang minim.

Minimnya tingkat kehadiran Kepala SKPD ini menurutnya bukan pada kesempatan sidang hari ini , melainkan hampir di setiap sidang penting berkaitan dengan program hajat hidup masyarakat.

“Masa hanya diwakili oleh setingkat Kabag bahkan Kasi?,” sentilnya.

Pimpinan sidang dalam hal ini, Wakil Ketua DPRD Loteng, Ahmad Ziadi pun membenarkan protes yang diajukan oleh Tauhid, karena ada dasarnya. Hanya saja bagi politisi Demokrat itu, dalam posisi ini, ketidak hadiran Bupati dapat dimaklumi karena dianggap masih berada dalam situasi yang tidak nyaman.

Ditambah lagi keadaan pasca gempa, kemungkinan besar menjadikan Bupati harus mengurus masyarakat yang terdampak dan melakukan komunikasi aktif dengan sejumlah pihak yang bisa menjadi alasan pembenaran.

“Mungkin juga sedang mengurus persiapan menyambut HUT RI, siapa tau juga urus korban gempa. Oleh sebab itu, mari kita lanjutkan saja rapat ini,” ajak Ziadi.

Arahan Ziadi itu menjadikan sidang dilanjutkan dengan agenda pembacaan rancangan KUA PPAS terhadap perubahan APBD 2018 oleh Sekda Loteng, HM Nursiah.

Tanpa berpanjang kalam, Nursiah pun membacakan Rancangan KUA PPAS dan dilanjutkan dengan pembentukan Pansus sesuai Tatib Dewan oleh Ketua sidang. (TN-2)

Related Articles

Back to top button