Politik

Panwaslu Loteng Dalami Caleg Tak Penuhi Syarat

Lombok Tengah, Talikanews.com – Pasca adanya stateman dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Loteng bahwa, ada salah satu Calon Legislatif masuk Daftar Pemilihan Sementara (DCS) yang dirilis bahkan sudah menyebar di masyarakat.

Dimana, Caleg tersebut tersangkut dugaan tindak pidana korupsi yang terjaring operasi tangkap tangan (OTT) Tim Saber Pungli Loteng, beberapa bulan lalu. Menjadi atensi Panitia Pengawasan Pemilihan Umum (Panwaslu) Loteng, ingin mendalami persyaratan Caleg bersangkutan.

Ketua Panitia Pengawaslu Loteng, Abdul Hanan dikonfirmasi via ponsel membenarkan indikasi adanya Bacaleg yang tidak memenuhi syarat untuk mengikuti kontestasi Pileg namun lolos tahapan verifikasi di KPU.

Dia bahkan menyebutkan bukan hanya Caleg dari Dapil Jonggat-Pringgarata saja yang tidak penuhi syarat, tetapi ada sejumlah nama lain yang ternyata harus diberikan rekomendasi untuk dilakukan verifikasi ulang oleh KPU.

“Jadi begini, tidak hanya dia, tapi ada nama-nama lainnya,” ungkapnya, Rabu (15/8).

Meski begitu, dia belum mau membocorkan sejumlah nama dimaksud karena masih proses kroscek data dan lapangan.

“Saat ini saya masih di luar daerah, Insya Allah pas balik besok, kami akan langsung bekerja dan akan segera mengeluarkan rekomendasi itu,” kata dia.

Terkait kasus Caleg Dapil Jonggat – Pringgarata secara khusus, Hanan tidak bisa memberikan jawaban apakah harus dicoret dari daftar atau tidak. Karena, yang punya kebijakan adalah KPU. Dimana, tugas Panwaslu hanya mencari tahu kebenaran dari masyarakat dan dari persyaratan kemudian terbitkan rekomendasi.

Sebab, menurut informasi, saat ini kasus tersebut masih on process dan belum dinyatakan inkrah.

“Itu makanya besok kami lakukan pengecekan lagi, kalau sekarang kita harus berpegang pada Azas Praduga tak bersalah,” tutupnya. (TN-02)

Related Articles

Back to top button