Politik

KPU Loteng Akan Klarifikasi Caleg Mantan Terpidana, Dapil Jonggat-Pringgarata

Lombok Tengah, Talikanews.com – Proses verifikasi berkas calon anggota DPRD Kabupaten Lombok Tengah, sudah selesai dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum, Lombok Tengah. Malah, nama-nama Caleg sudah ditetapkan dalam Daftar Calon Sementara.

Hanya saja, muncul sorotan dari berbagai kalangan bahwa, ada salah satu Caleg yang diloloskan merupakan mantan terpidana dugaan kasus korupsi yang sempat terjaring operasi tangkap tangan (OTT) Tim Sapubersih Pungutan Liar (Sabar Pungli) Loteng, mengenai rekomendasi galian C di Desa Pemepek Desa, Pringgarata dengan Barang Bukti (BB) Rp 4,5 juta.

Terkait hal itu, Devisi Teknis KPU Loteng, Sansuri mengaku baru mengetahui persoalan tersebut. Pasalnya, KPU hanya memverifikasi persyaratan bacaleg yang diajukan oleh partai. Dimana, dari semua syarat yang diajukan partai bersangkutan bahwa, salah satu Caleg yang dimaksud dinilai lulus sebagai daftar calon sementara (DCS). Sebab, persyaratan yang diajukan partai sudah memenuhi untuk ditetapkan nantinya menjadi DCT.

Kendati demikian, pihaknya memastikan akan memanggil bersangkutan Caleg asal Dapil Jonggat – Pringgarata untuk diklarifikasi. Termasuk klarifikasi terhadap partai pengusung agar tidak terjebak dan dikatakan melanggar aturan yang ada.

“Kita malah baru tau dari teman teman media. Yang pasti, kami akan klarifikasi bersangkutan, jika benar terbukti melakukan seperti dugaan tindak pidana korupsi, terlebih sudah terpidana atau dijatuhi hukuman, maka kami akan coret dari DCS,” ancamnya Rabu (15/8)

Lebih jauh Sansuri mengatakan, jika yang bersangkutan terbukti dengan surat keputusan yang ingkrah dari pengadilan telah melakukan pelanggaran Tipikor, maka secara otomatis sesuai aturan yang ada, akan dicoret dari daftar calon sementara dan tidak bisa masuk menjadi daftar calon tetap.(TN-2)

Related Articles

Back to top button