Nasional

Pertamina Siap Bantu Kebutuhan Korban Gempa Lombok Hingga Tuntas

Lombok Utara, Talikanews.com – Perusahaan milik BUMN, PT Pertamina siap membantu dan suport kebutuhan korban gempabumi Lombok hingga tuntas. Baik, kebutuhan pokok, bahan bakar seperti LPG untuk di dapur umum dan bahan bakar minyak kebutuhan ganset posko pengungsian dan rumah sakit.

“Intinya kami siap membantu korban gempa. Tadi saja, kita dengan buk Menteri BUMN, ke Desa Kekait Lombok Barat, kemudian ke Dusun Terengan Desa Pemenang Timur, Kecamatan Pemenang Tidur, Lombok Utara, melihat kondisi korban yang ditangani Pertamina dan setelah itu ninjau ke Tanjung,” ungkap Direktur Utama PT Pertamina, Nicke Widyawati, Senin (13/8).

Dia mengatakan, kedatanganya untuk bertemu dengan warga, ingin berikan support tetap semangat dan positif. Dirinya juga merasa senang di Lombok khususnya di tengah korban gempa. Terlebih, pemudanya punya inisiatif kerjakan semua kebutuhan korban lainnya secara mandiri sehingga makan dan minum diorganisir dengan baik.

“Ini contoh baik dan kalau di contohkan oleh pemuda lain sangat baik sekali,” kata dia.

Disinggung soal bantuan? Nicke memaparkan, hampir semua daerah terkena gempa menjadi perhatian Pertamina. Contoh, di posko pengungsian Dusun Terengan hampir 2.500 orang di tiga titik, semuanya kebutuhan sehari hari dan kesehatan dipenuhi, juga MCK dibangun sebanyak tiga unit dan akan dibangun lagi tambahan secara bertahap.

Yang penting lanjutnya, semua punya tempat tidur dan kesehatan korban gempa terjamin, begitu halnya kebutuhan makan cukup. Malah, Pertamina akan merencanakan pasca bencana, rekonstruksi desa secara bertahap.

“Tentu kerja sama dengan pemda dan warga, pertamina siap support,” ujar dia.

Bagaimana dengan kebutuhan BBM, apakah ada permintaan lebih pasca gempabumi Lombok? Nicke menegaskan, permintaan BBM ke Lombok, NTB khususnya masih sama seperti biasa. Justru, Pertamina memberikan bantuan BBM dan Elpiji, semua kebutuhan dapur umum sediakan secara gratis.

“Ketika pemadaman listrik, semua BBM seperti di Rumah Sakit, Posko. Intinya, fully support untuk warga Lombok,” tuturnya.

Itu semua dilakukan karena, TBBM di Lombok aman dan SPBU aman, sehingga bisa memasok kebutuhan masyarakat dengan aman.

“Dari sisi suplai aman gak ada lonjakan dari hari hari biasa,” ujarnya.

Nicke beeharap, korban tetap semangat, ambil sisi positif karena nanti setelah masa ini ada pasca bencana yang akan merekonstruksi dan perlu kontribusi peran masyarakat. Namun, pertamina akan terus support.

“Hari ini yang kita penuhi kebutuhan dasar dulu. Kita dahulukan dulu yang prioritas. Kebutuhan apapun, BBM elpiji kita penuhi semua,” tutupnya. (TN-04)

Related Articles

Back to top button