Sosial

HILMI-FPI Terjunkan Laskar Siaga Bencana Bantu Korban Gempa

Lombok Tengah, Talikanews.com – Pasca bencana alam gempa bumi yang berlangsung sejak Minggu (29/07) berpusat di Lombok Timur dan berlanjut ke Lombok Utara, DPD FPI NTB bersama HILMI telah menerjunkan relawannya untuk membantu warga korban gempa.

Bantuan yang dikirim oleh DPD FPI NTB tidak hanya dalam bentuk material melainkan juga menerjunkan para relawannya untuk membantu mendistribusikan logistiknya, evakuasi korban juga bantuan medis lapangan.

Ketua DPD FPI Nusa Tengara Barat Habib Harun Mulachela, selaku penanggung jawab dari aksi kemanusian untuk gempa bumi, mengatakan bahwa saat ini FPI NTB bersama relawan HILMI sudah berada dilokasi Gempa yaitu di Kab. Lombok Utara dan bahu membahu berbuat semaksimal membantu para korban bencana gempa bumi di Nusa Tenggara Barat (NTB).

“Relawan HILMI-FPI berjumlah 50 lebih laskar dan relawan yang terlatih sebagai Laksana FPI (Laskar Siaga Bencana) yang berasal dari berbagai daerah terus bergerak bersama waktu di tengah rintihan orang-orang yang membutuhkan pertolongan, terutama di kawasan Lombok Utara yang menjadi salah satu pusat titik gempa,” ujar Habib Harun Mulachela saat di konfirmasi melalui pesan Whatsapp, Sabtu (11/8).

Harun membeberkan kegiatan relawan HILMI-FPI yang saat ini berada di bawah kaki Gunung Rinjani, Desa Kayangan, Lombok Utara, setiap pagi melakukan l aktifitasnya dengan rapat koordinasi untuk membuat strategi pendistribusian bantuan. Dimana beberapa laskar memasak untuk sarapan pagi untuk dibagikan ke penduduk. Di sisi lain, tim medis dr. Syaiful Anam dan Roni Saputra menyiapkan obat-obatan dan para relawan lain mempersiapkan logistik bantuan lainnya, seperti beras, minyak, gula, susu, mie instan, dan lainnya. Tak luput, selimut dan pakaian yang sangat dibutuhkan bagi para korban bencana.

“Dilapangan, kegiatan bantuan di bawah komando Ketua Koordinator Relawan HILMI-FPI, Habib Hamid Al Jufri, yang aman sebelumnya hari itu, Jumat (10/8) sudah bergerak ke berbagai dusun diantaranya Desa Sesait, Batu Jompang dan Empak Mayong, bahkan Tim Relawan HILMI-FPI singgah di Dusun Gumantar dan Dusun Boyotan, daerah yang belum sama sekali tersentuh bantuan,” beber Ketua DPD FPI NTB Habib Harun Mulachela.

Selain itu menurut Harun, relawan HILMI-FPI juga membantu warga untuk merubuhkan bangunan-bangunan seperti rumah rusak yang dikhawatirkan akan membahayakan warga termasuk berupaya memperbaiki sumber aliran air milik warga di Desa Boyotan Baru, Kecamatan Kayangan, Lombok Utara yang rusak tertimbun longsor akibat gempa.

“Kita akan berupaya meringankan beban penderitaan para korban gempa, setiap harinya dengan terus melakukan beberapa bantuan dilapangan termasuk melakukan penggalangan dana oleh perwakilan-perwakilan HILMI-FPI di seluruh daerah dan seluruh sumbangan masyarakat itu akan ditampung dan disalurkan melalui Rekening Kemanusiaan FPI,” tutupnya. (TN-00)

Related Articles

Back to top button