Sosial

IWAPI NTB Dan Pemkab Lobar Bangun Dapur Umum Untuk Korban Gempa

Lombok Barat, Talikanews.com – Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) wilayah Nusa Tenggara Barat bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Lombok Barat dalam hal membangun dapur umum untuk korban bencana gempa bumi di kantor Camat Narmada.

Ketua IWAPI NTB Baiq Diyah Ratu Ganefi mengatakan, peralatan dan bahan beserta tukang masak di dapur umum itu nanti dari Iwapi. Sementara pemda Lobar sendiri lanjut anggota DPD RI dapil NTB ini menyediakan tempat dan distribusi makanan ke korban gempa.

“Semua peralatan memasak, koki atau tukang masa dan bahan bahannya disumbang IWAPI. Tugas Pemda, sediakan lokasi, dan salurkan makanan siap santap ke korban yang membutuhkan,” ungkapnya saat koordinasi dengan Pemda setempat, Rabu (8/8).

Terkait hal itu, Sekda Lobar Muhammad Taufiq mengatakan, dapur umum yang ada di Narmada hanya untuk melayani kebutuhan korban yang berada di wilayah Narmada. Adapun jumlah nasi bungkus yang akan di salurkan melalui dapur umum Narmada, sebanyak 3000 bungkus perhari.

“Kebutuhan nasi perhari perkiraan menurut data sebanyak 3000 bungkus. Semua bahan disediakan IWAPI, pemda hanya menyalurkan ke masyarakat yang membutuhkan, ” kata dia.

Dia menambahkan, untuk wilayah lain yang terdampak bencana gempa, akan di buatkan dapur umum seperti, adapun wilayah yang akan dibuatkan dapur yakni Lingsar dan Batu Layar.

“Dapur umum di mulai dari kecamatan Narmada karena sejumlah desa mengalami kerusakan parah. Salah satunya adalah di Selat, dimana 80 persen rumah warga kondisi rusak parah,” pungkasnya. (TN-04)

Related Articles

Back to top button