Pariwisata

Apakah Gempa Lombok Pengaruhi Target 4 Juta Wisatawan?

Mataram, Talikanews.com – Gempabumi yang melanda daerah dikenal pulau seribu masjid sejak Minggu (29/7) kekuatan 6.4 SR terpusat di Lombok Timur. Ditambah guncangan dahsyat kekuatan 7 SR pada Minggu (5/8), yang memakan korban 105 nyawa, ditambah ratusan korban luka dan rusak ribuan rumah.

Gempa itu jelas sangat berdampak terhadap kunjungan wisatawan. Terlebih lagi target kunjungan wisatawan ke NTB tahun 2018 diangka 4 juta wisatawan.

Disatu sisi, ribuan jumlah wisatawan baik lokal maupun mancanegara dievakuasi dari tiga Gili yang ada di Lombok Utara, pasca gempa. Ada yang langsung eksodus ke Bali, ada juga pulang ke negara mereka. Hal itu terlihat dari panjangnya antrian di Bandara Lombok Internasional Airport.

“Yang jelas, gempa itu memiliki dampak besar terhadap kunjungan wisatawan ke Lombok,” ungkap Ketua BPPD NTB, H Fauzan Zakaria, Selasa (7/8).

Fauzan menjelaskan, untuk antisipasi agar target kunjungan wisatawan tersebut, sangat diharapkan ada sinergitas dan kekompakan semua pihak dalam membantu pemulihan pasca gempa sehingga mampu mempercepat kondusifitas masyarakat di lombok.

“Kami masih optimis target kunjungan wisatawan ke NTB tetap tercapai. Kami juga berharap pekan terakhir bulan Agustus, supaya seluruh steak holder kepariwisataan di NTB kembali berjalan optimal,” kata dia.

Fauzan juga menambahkan, akan segera menggelar rapat terpadu untuk membahas langkah strategis menggeliatkan kembali pariwisata NTB. Artinya, para pelaku pariwisata, steak holder kepariwisataan, juga pemerintah daerah, akan membuat acara, yang mampu menarik perhatian wisatawan ke NTB.

“Yang jelas, kami akan membuat acara besar, yang unik agar wisatawan berkunjung ke daerah seribu masjid ini,” tutup dia. (TN-04)

Related Articles

Back to top button