Sosial

Gempa Bumi Berkekuatan 4.8 SR Guncang Lombok Barat

Mataram, Talikanews.com – Bencana gempa bumi sejak Minggu (29/7) terus guncang Lombok. Sabtu, (4/8) pukul 13:44:54 WITA, gempa bumi berkekuatan 4.8 SR kembali guncang wilayah Lombok Barat, NTB.

Hasil analisa BMKG menujukkan bahwa gempa bumi ini berkekuatan M=4,8. Episenter terletak pada kordinat 8,26 LS dan 116,64 BT atau tepatnya pada jarak 29 km arah Timur Laut Lombok Timur NTB pada kedalaman 10 km .

Kepala Stasiun Geofisika Mataram, Agus Riyanto, SP. MM menyampaikan, dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Lombok Barat, Lombok Timur, dan Lombok Utara, dalam skala intensitas II SIG (III-IV MMI).

Di daerah ini guncangan gempa bumi dirasakan oleh beberapa orang. Selain itu, di Mataram dan Karangasem guncangan lemah dirasakan dalam skala intensitas I SIG (II MMI).

“Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa ini tidak berpotensi tsunami,” ungkapnya, Sabtu (4/8).

Dia menjelaskan, jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktifitas sesar aktif, hasil interaksi sesar naik busur belakang Flores (Flores Back Arc Trust).

Hingga pukul 14:02 wita tadi, Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock). Kepada masyarakat di wilayah LOMBOK dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Disinggung soal apakah gempa yang melanda Lombok beberapa hari ini merupakan gempa terlama di Indonesia? Agus menegaskan, gempa bumi seperti ini pernah terjadi sebelumnya di Pidie jaya aceh pada tahun 2016 dan di kalibening Banjarnegara pada April 2018. Perkiraan dari analisa BMKG, gempa susulan masih terjadi hingga 8 hari dari gempabumi utama.

“Untuk kepastian tanggal berapa, kami belum bisa memastikan karena ini merupakan perkiraan,” tutupnya. (TN-04)

Related Articles

Back to top button