Sosial

8 Titik Terisolir Jadi Target Penyaluran Bantuan DPD FPI NTB

Lombok Tengah, Talikanews.com – Pasca bencana alam gempa bumi yang berlangsung Minggu (29/07) berpusat di Lombok Timur telah menumbuhkan rasa simpati banyak kalangan termasuk Dewan Pimpinan Daerah FPI NTB menerjunkan relawan dan bantuan untuk membantu warga korban gempa.

Ketua DPD FPI Nusa Tengara Barat Habib Harun Mulachela, selaku penanggung jawab dari aksi kemanusian untuk gempa bumi, mengatakan bahwa tepatnya pada hari Senin (30/7/2018), FPI NTB bersama HILMI telah melakukan peninjauan dilokasi Gempa yaitu di Kab. Lombok Utara dan kegiatannya bekerjasama dengan beberapa ormas dan Majelis-majelis Taklim di Lombok.

“Tahap awal yang kami persiapkan yakni pendataan titik yang terisolir guna pendistribusian logistik, selanjutnya kami menerjunkan anggota gabungan sebanyak 20 personil termasuk, didalamnya anggota laskar yang berdomisili disana untuk mempersiapkan titik Posko FPI NTB,” terang Habib Harun Mulachela saat dikonfirmasi Talikanews.com melalui pesan Whatsapp.

PSX_20180801_172414

Harun menambahkan, kedatangan DPD FPI NTB dilokasi gempa disambut warga dengan antusias dan hangat meskipun sampai dilokasi Gempa Pukul 19.30 WITA, bahkan salah satu Kadus setempat bernama Pak Ruhaiman memberikan satu Gudang yang terletak di Dusun Dasan Lendang Desa Anyar, Kec Bayan untuk digunakan sebagai titik pusat Posko FPI NTB.

“Titik pusat Posko FPI NTB ini nantinya akan menjadi pusat penyaluran bantuan kemanusiaan guna memudahkan akses tim relawan lainnya yang bekerjasama dengan FPI NTB,” sambungnya

PSX_20180801_172434

Selain itu, ia menuturkan beberapa titik penyaluran bantuan dari DPD FPI NTB terhadap korban bencana gempa bumi diantaranya daerah Laka serea, Tereng ilut, Telaga legundi, Sembulan batu, Kebaloan atas, Kebaloan bawak, Anyar
Ancak dan DPD FPI NTB menunjuk Ust. Saparudin selaku anggota FPI NTB yang diamanatkan untuk menjadi koordinator lapangan.

“Daerah yang disebutkan diatas sangat memprihatinkan, terisolir dengan keterbatasan air dan pasokan sembako sangat minim dan alhamdulillah tim langsung mendistribusikan bantuan kemanusiaan berupa air mineral, sembako, terpal, baju serta obat-obatan dan kebutuhan untuk wanita ke daerah tersebut,” ungkapnya.

Selanjutnya Habib Harun Mulachela menceritakan perjalanan Tim relawan di lokasi gempa dimana pukul 00.30 WITA tim relawan gabungan bersama Hilal Merah Indonesia ( HILMI ) adalah tim pertama yang berhasil mendistribusikan bantuan kemanusiaan korban gempa di daerah tersebut.

Hasil pendataan dari beberapa titik terkait jumlah korban disalah satu Dusun Melakas sereak, Desa Senaru KLU berjumlah 142 KK, Rumah rusak 128 unit sedangkan untuk korban luka ringan sebanyak 3 orang.

“Hari ini kloter ke 3 jadi 2 team menuju Timur & Utara ( Sambelie, obel2, Blanting ) dan Posko FPI NTB,” lanjutnya.

Untuk tim kedua dari relawan dokter, Alumni 91 SMPN 1 Gerung Lombok Barat akan terjun langsung bersama FPI NTB dan HILMI untuk mendistribusikan kembali bantuan kemanusiaan.

“Kami mengajak warga seluruh Indonesia untuk menyalurkan bantuan dan donasi bagi korban bencana alam gempa bumi di Lombok untuk dapat disalurkan melalui Rekening Kemanusiaan FPI *BSM 7001440707* Kode Bank 451 ( 021.27531215 / 087877375809 ), tutupnya.(TN-00)

Related Articles

Back to top button