Sosial

Lombok Di Guncang Gempa 6,4 SR, Ada Korban Jiwa

Mataram, Talikanews.com – Gempa bumi berkekuatan 6,4 pada Skala Richter (SR) mengguncang Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa, NTB, Minggu, pukul 06.47 WITA, namun tidak berpotensi tsunami. Gempa berpusat   pada koordinat 8,4 lintang selatan, dan 116,55 bujur timur yang terjadi di darat pada jarak 47 KM arah Timur kota Mataram, ibu kota Provinsi NTB, pada kedalaman 24 KM.

Kepala BPBD Propinsi NTB Ir. H. Mohammad Rum, MT dalam keterangan tertulis mengatakan, akibat dari gempa tersebut terdapat korban jiwa meninggal dunia yakni Sandi (20) di Sambik Elen, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara. Selain itu, Siti Nur Ismawida (30), salah seorang warga Malaysia yang dilaporkan meninggal dunia tertimpa tembok roboh di Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur.

PSX_20180729_120622

Selain itu M. Rum mejelaskan, ada 13 orang luka-luka dirawat di Puskesmas Senaru dan 7 Orang di Puskesmas Bayan diantaranya Sdr. Muhizal Ajis, 15 tahun, alamat dsn dasan lendang, kejepit di jembatan mengalami luka patah kaki sebelah kanan, Sdr. Nursinep, 60 tahun. Dsn Sukadana, kebetur tembok, mengalami luka bocor pada kepal sebelah kiri, Sdri. Revalina, 9 tahun Dsa. Lendang ketimpa tembok rumah, mengalami luka bocor pada kepala, Sdr. Samsul, 24 tahun dari Sesaot, Narmada tertimpa tembok saat bekerja d dusun Tereng Ilut. Mengalami luka robek pada tumit kaki sebelah kiri dan Feri setiawan, 9 tahun Dsn Baturakit, ketimpa tembok rumah mengalami luka pada kepala sebelah kiri dan telinga kiri robek, Indrianto, 4 tahun Dsn munder ketimpa rumah, luka robek pada betis kaki kanan.

“Ada 4 orang sudah di rujuk ke RSU Selong sementara untuk jumlah masyarakat yang di evakuasi belum terdata,” ungkap M. Rum Kepala BPDB Propinsi NTB.

Lebih jauh Mohammad Rum mengatakan, untuk akses jalan Sambelia menuju Desa beburung Sembalun terputus, sementara kerusakan Infrastruktur dan lainnya masih dalam proses pendataan.

PSX_20180729_120718

Ia juga menjelaskan bahwa di Kabupaten Lombok Timur terdapat korban jiwa sebanyak 3 Orang meninggal dunia yakni Papuq Marinah di desa Sugian Kecamatan Sambelia tertimpa reruntuhan dan 2 Orang di kecamatan Sembalun belum teridentifikasi sementara 10 Orang Luka Berat dan 10 orang lainnya luka ringan.

Data Kabupaten Lombok Barat tidak terdapat korban jiwa, sedangkan kerusakan akibat gempa ada 2 rumah warga rubuh di desa Tongkek dan desa Guntur Macan.

“Saat ini sudah dilakukan upaya penanganan bencana gempa bumi yang terjadi di NTB dengan berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Lombok Timur, BPBD Lombok Tengah dan BPBD Lombok Barat, sementara BPBD Provinsi NTB memback-up berupa peralatan dan kebutuhan logistik,” pungkasnya. (TN-01)

Related Articles

Back to top button