Daerah

Menko Kemaritiman Minta Warga NTB Jaga KEK Mandalika Lombok

Mataram, Talikanews.com – Menteri Koordinator bidang Kemaritiman RI, Luhut Pinsar Pendjaitan meminta kepada masyarakat NTB supaya menjaga Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika yang ada di Lombok Tengah. Karena, keberadaan kawasan wisata itu akan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Sudah 30 tahun lahan itu terbengkalai, tapi saat ini sudah menjadi perhatian dunia setelah presiden Jokowi menetapkan sebagai 10 kawasan destinasi perhatian pemerintah pusat sehingga harus dijaga dengan baik,
“ungkapnya saat melepas Obor Asian Games di pantai Ampenan, Mataram (25/7).

Dia menyampaikan alasan sehingga meminta masyarakat untuk menjaga KEK Mandalika tersebut bahwa, pada bulan Agustus mendatang, salah seorang investor asal Qatar akan berinvestasi sebesar 5 Juta US Dollar.

Rencana investasi itu sudah dibicarakan saat dirinya berkunjung ke Negara Timur Tengah beberapa waktu lalu.

“Sudah ada pembicaraan, tinggal datang untuk tanda tangan kesepakatan,” kata dia.

Dia mengatakan, kalau pun NTB sudah menjadi perhatian dunia yang nantinya akan di datangi wisatawan mancanegara dengan berbagai ciri khas. Yang terpenting, tetap menjaga budaya asli daerah NTB.

“Jangan sampai budaya yang sudah tertanam dan peninggalan itu hilang akibat banyak turis masuk ke daerah ini,” pesannya.

Luhut juga menyinggung soal Asian Games yang terpusat di Jakarta – Palembang. Dimana, Asian Games itu memberikan manfaat postif terhadap pariwisata. Di Asian Games yang diselenggarakan di Indonesia dengan 58 Cabang Olahraga tersebut, Indonesia akan berusaha keras supaya bisa masuk 10 besar.

Target itu juga tidak bisa lepas dan berharap dari usaha keras para Atlet asal NTB yang sudah mampu cetak sejarah dengan keberadaan sprinter L Muhammad Zohri yang mampu cetak waktu tercepat 10,18 detik.

“Zohri sudah mampu harumkan nama indonesia di mata dunia,” terang dia.

Dia menambahkan, kedatangan ke Lombok untuk meneruskan estapet api obor Asian Games yang datang dari India dibawa ke indonesia dan mampir ke semua Provinsi. Sekaligus keberadaan Obor Asian Games bentuk memperkenalkan KEK Mandalika Lombok.

“Hari ini di Api Obor Asian Games itu tiba di Bandara Lombok, dibawa ke Ampenan menuju pensi gubernur NTB. Besoknya singgah di Papua,” tutupnya. (TN-04)

Related Articles