Politik

Putra Rhoma Irama Jadi Caleg PAN Dapil NTB 2

Mataram, Talikanews.com – Kontestasi pencalonan Legislatif tahun 2019 di Nusa Tenggara Barat akan semakin meriah. Bagaimana tidak, Putra pedangdut ternama indonesia, Fiki Rhoma Irama ikut berkompetisi melalui Partai Amanat Nasional (PAN), Daerah Pemilihan (Dapil) 2 yakni Lombok.

Ketua DPW PAN NTB, H Muazzim Akbar membenarkan bahwa putra H Rhoma Irama masuk daftar Caleg PAN Dapil Lombok, nomor urut 2 dibawahnya. Dilanjutkan nomor urut 3 keterwakilan perempuan, disambut nomor urut 4, HL Suprayitno, nomor urut 5 dipegang oleh ketua Pemuda Tarakit Ta’limat Dr Hamidi. Sedangkan nomor urut 6 dan 7 merupakan keterwakilan perempuan dan nomor urut atas nama Subuhunnuri.

“Masuknya putra Rhoma Irama ke PAN karena, partai Idaman sudah melebur bersama PAN. Seluruh kader Idaman yang berpotensi agar masuk jadi bacaleg mulai dari kabupaten hingga pusat,” ungkapnya, Kamis (19/7).

Dia menjelaskan alasan Fiki Rhoma Irama ditempatkan di Dapil Lombok yakni atas pertimbangan DPP PAN. Ditambah lagi ada pemecahan Dapil di NTB yakni Dapil 1 pulau Sumbawa dan Dapil 2 pulau Lombok.

Disinggung adanya kader impor dilakukan oleh PAN? Bagi dia, semua partai politik hampir sama mengimpor kader luar. Apakah tidak takut dengan keberadaan Fiki Rhoma? Ditegaskannya, tidak akan khawatir asal bacaleg bisa berikan kontrol suara, karena aturan sekarang, yang akan duduk adalah suara terbanyak.

Dia menambahkan, bacaleg PAN sudah membuat sebuah kesepakatan kontribusi suara internal sendiri. Dimana, bagi caleg yang tidak dapat kursi dengan perolehan suara 10 persen ke atas dapat konpensasi, Rp 10 ribu per suara tingkat DPRD RI, kemudian Rp 15 ribu untuk DPRD Provinsi dan sebanyak Rp 20 ribu tingkat DPRD Kabupaten/Kota.

“Ini kita buat supaya tidak lagi ada anggota DPRD yang menjabat 2,5 tahun di PAW dan konvensasi itu dibayar oleh Caleg jadi, ” katanya.

Apakah kehadiran Fiki Rhoma tidak mengancam kader lokal seperti Muazzim Akbar? Ditegaskan, tidak ancaman, jika melihat aturan sekarang. Malah, ada nilai positif yakni, nama PAN akan semakin dikenal khususnya di NTB karena, Rhoma Irama akan datang kampanye sekaligus konser dangdut tiga kali di NTB 2.

“Kami Optimis PAN akan banyak kursi Dapil NTB, apalagi keberadaan Fiki Rhoma,” tutupnya. (TN-04)

Related Articles

Back to top button