Pemerintahan

Wagub Genjot OPD Diakhir Kepemimpinan

Mataram, Talikanews.com – Diakhir masa jabatan wakil gubernur NTB, Muh Amin meminta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait agar lebih maksimal bekerja. Apalagi soal kemiskinan yang menajdi atensi serius pemprov yang perlu digenjot.

Saat ini, angka kemiskinan NTB masih berkutat diangka 15,02 persen. Penurunan angka kemiskinan membutuhkan kerja keras dan kerja bersama satu OPD dan OPD lainnya.

Wagub menyampaikan penurunan angka kemiskinan dilakukan dari berbagai program yang diluncurkan masing-masing OPD.

“Ada program pertanian, pemberdayaan masyarakat dan desa, perikanan sosial. Semua ada programnya,” ungkapnya di Mataram.

Untuk anggran, kata Politisi Nasdem itu jika dilihat dari alokasi pada APBD murni tahun ini, Pemprov menganggarkan bajeting 1,8 T untuk berbagai program disemua OPD tersebut. Belum lagi anggaran dari APBN dengan dana desa dan juga APBD kabupaten kota.

Amin mengaku jika mengacu pada alokasi anggaran pemprov saja tentu tidak bisa terkaver sesuai target, menginisiasi hal tersebut Pemprov juga telah melakukan MoU pengentasan kemiskinan bersama sepuluh kabupaten kota di NTB.

Bupati atau walikota diminta menjadi penanggungjawab masing masing daerah. Apalagi salah satu yang sangat membantu dengan anggaran desa dari pusat mencpai lebih dari 1 Miliar.

“Selain kita dorong OPD, MoU dengan Bupati atau Walikota tetap kita pantau,” terang Wagub.

Wagub menyampaikan kemiskinan provinsi akumulasi dari kemiskinan yang ada disetiap kabupaten kota. Artinya, semua pihak harus sama sama bertanggungjawab.

“Makanya kita udah buat MoU dengan Bupati dulu,” pungkasnya. (TN-04)

Related Articles

Back to top button