Ekonomi

Retribusi Parkir Di Loteng Diduga Tidak Masuk Ke Kas Daerah

Lombok Tengah, Talikanews.com – Retribusi parkir di sejumlah lokasi yang ada di Lombok Tengah diduga tidak masuk ke Kas Daerah Kabupaten Lombok Tengah, hal ini terbukti dengan masih banyaknya juru parkir yang meminta retribusi parkir tanpa memberikan karcis resmi pada masyarakat pengguna parkir yang diduga tidak masuk dalam restribusi pendapatan daerah Lombok Tengah.

Terkait hal tersebut Dinas Perhubungan Lombok Tengah yang secara langsung mengkoordinir retribusi parkir daerah melalui Kabid Tehnik Jalan Dishub Loteng, Subekti membantah adanya pungutan liar yang terjadi selama ini di wilayah Lombok Tengah namun pihaknya mengakui belum ada kesepakatan final antara pihak Dishub dengan para juru parkir yang terjadi dilapangan sehingga retribusi parkir yang ada selama ini terkesan ada yang terlibat pungutan liar.

Subekti menambahkan, fakta yang ada dilapangan bahwa pihak dinas tetap memberikan karcis parkir kepada sejumlah juru parkir yang sudah terdata di Dinas Perhubungan agar bisa memberikan setoran restribusi parkir daerah.

” Dari dinas perhubungan tetap memberikan karcis kepada para juru parkir sebagai kontrol pendapatan selama ini, “tegasnya.

Sementara menurut salah seorang juru parkir pasar renteng Praya, Nurdin mengatakan pihaknya serta sejumlah juru parkir selalu memberikan setoran retribusi kepada Dinas Perhubungan namun dirinya mengakui penyerahan dana parkir tersebut tanpa dibarengi dengan karcis parkir oleh pihak Dinas Perhubungan.

Lebih jauh Nurdin menjelaskan, pihaknya memberikan setoran retribusi daerah sebesar Rp. 225 ribu setiap minggunya, namun kenyataan yang terjadi dilapangan menurut temuan Dinas Pendapatan Daerah tidak ada pemberian restribusi parkir yang diberikan ke Kas Daerah.

” Jika terkait retribusi parkir tersebut tidak ada untuk Kas Daerah, hal itu tidak benarkan maka hal tersebut dapat dianggap pungutan liar dan dapat di jerat hukum sesuai dengan Perpres nomor 87 tahun 2016, “jelasnya. (TN-01)

Related Articles

Back to top button