Politik

Selisih Tipis, LSI Batal Rilis Hasil Quick Count Pilgub NTB 2018

Mataram, Talikanews.com – Lingkaran Survei Indonesia (LSI) yang bekerjasama dengan Konsultan Citra Indonesia (KCI) enggan merilis hasil Quick Count Pemilihan Gubernur NTB periode 2018-2023.

Pasalnya, perolehan persentase suara antara pasangan calon nomor urut 1 atas nama H Moh Suhaili FT – H Muh Amin dengan Dr Zulkieflimansyah – Dr Hj Sitti Rohmi Djalilah beda tipis diangka 0,0 sekian persen.

“Jika selisih persentase dibawah 3 persen, maka kami tidak berani publik siapa pemenang. Akan tetapi, jika diatas 3 persen siap tentukan pemenang, “ungkap Khobab, peneliti LSI Deny JS, Rabu (27/6).

Dimana pasangan Suhaili-Amin seperti yang dirilis LSI melalui salah satu media online nasional antaranews diangka 29,38 persen, pasangan Zul-Rohmi diangka 29,43 persen. Sedangkan pasangan Ahyar-Mori 24,47 persen dan pasangan Ali-Sakti diangka 16,73 persen, dari data masuk 99,55 persen.

Khobab menjelaskan, belum berani memutuskan apalagi merilis hasil quick count. Kalaupun tim LSI menggunakan beberapa TPS secara acak dan profesional. “Apakah bisa dipercaya, bagi kami bisa kalau melihat dari sejarah.

Dia menambahkan, standar suara masuk sehingga bisa dipastikan ada paslon menang kisaran 90-95 persen. Namun, dilihat dari angka itu , ada selisih sangat tipis. Oleh sebab itu harus menunggu hasil KPU.

Khobab mengaku, dalam Pilgub NTB 2018 ini, LSI menaruh angka margin of eror sekitar 1 persen jika dilihat dari angka partisipasi pemilih.

Informasi yang dihimpun, tidak ada satu pun lembaga survei yang berani relis resmi hasil Pilgub NTB. Lantaran, silisih sangat tipis dibawah satu persen, yakni 0,05 persen. (TN-04)

Related Articles

Back to top button