Politik

Data Quick Count, Pemenang Merujuk Hitungan Manual KPU

Mataram, Talikanews.com – Komisi Pemilihan Umum Provinsi NTB (KPU NTB) mengatakan hasil quick count (hitungan cepat) tidak bisa menjadi patokan kemenangan salah satu paslon gubernur dan wakil gubernur NTB bahkan dissbutkan Quick Count bukan hasil data resmi dijadikan putusan.

Seperti diketahui seperti dihimpun Radar Mandalika Lingkaran Survey Indonesia (LSI) tercatat hitungan cepat sampel yang masuk 99,55 persen per pukul 16.00 dimana Paslon Nomor urut 1, Suhaili Amin berada diangka 29,38 persen, Paslon nomor urut dua, Ahyar Mori diangka 24,47 persen, Paslon nomor urut tiga, Zul Rohmi dingka, 29,43 persen dan paslon Ali Sakti diangka paling buncit, 16,73 persen.

KPU hanya meyakini kemenangan dapat dilihat dari hasil hitungan manual KPU ssbagai real count yang bisa dijadikan acuan. Komisioner KPU, Yan Marly menyampaikan diperkirakan hasil hitungan manual rampung pertengahan Juli saat ini masih di penghitungan tingkat TPS yang kemudian baru dibawa ke tingkat PPS untuk dilanjutkan ke PPK.

“Belum bisa kami putuskan pemenang hasil Quick Count Survey. KPU hanya berpatokan hasil manual,” ungkapnya, Rabu (27/6).

Terkait hitungan, KPU berjanji akan menscan C1 hasil hitungan satu dalam setiap 24 jam lalu akan diuploud untuk melihat tahapan proses penghitungan dibawah.

Atas dasar itu masyarakat diminta sabar dan tidak cepat percaya atau mengklaim pemenang dari hasil hitung cepat. Sebab penetapan siapa gubernur dan wakil gubernur NTB ditetapkan oleh KPU dengan mekanisme KPU sendiri.

Yan juga menyinggung proses pungutan sampai penghitungan suara ditingkat TPS kemarin berdasarkan hasil monitoring tidak dijumpai satu masalah. Artinya proses tersebut berjalan lancar.

KPU meyakini angka partisipasi pemilih tahun ini meningkat bahkan bisa penuhi target KPU dingka 77,05 persen. saat inu berada posisi partisipasi lebih dari angka 70 persen. Artinya posisi Golput belum bisa menang di NTB bahkan sampai saat ini Golput pada setiap Pilkada minim dalam hitungan KPU. (TN-04)

Related Articles

Back to top button