Lifestyle

Dandim KSB : “Pertahankan Ideologi Pancasila Dengan Wawasan Kebangsaan Demi Keutuhan NKRI”

Sumbawa Barat, Talikanews.com – Dandim 1628/Sumbawa Barat Letkol Czi Eddy Oswaronto memberikan ceramah wawasan kebangsaan kepada ratusan siswa-siswi MTs Negeri 1 Taliwang di Aula MTs Negeri 1 Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat, Sabtu (23/6).

Kehadiran Dandim 1628/Sumbawa barat didampingi Danramil 1628-02/Sekongkang dan Pasiter Kapten Inf Ahmad Baidawi disambut Kepala Sekolah Jalaludin, S.Ag bersama guru MTs Negeri 1 Taliwang.

Dalam ceramahnya, Eddy menjelaskan tentang empat konsensus dasar negara yang dulunya disebut empat pilar kebangsaan sebagai landasan dalam membangun bangsa dan negara yakni Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI.

“Sebagai warga negara semua memiliki hak dan kewajiban untuk membela negara sesuai dengan Pasal 30 UUD 1945 yang kemudian diatur kembali dalam UU Nomor 3 Tahun 2002 tentang pertahanan negara”, kata Eddy.

Selain itu, Eddy juga menyampaikan tentang beberapa ancaman yang sedang dihadapi bangsa diantaranya Narkoba, faham Ideologi lain yang tidak sesuai dengan pancasila dan pengaruh negatif lainnya yang setiap saat mengancam bangsa dan negara.

Usai memberikan ceramah, Eddy berharap agar para siswa betul-betul memanfaatkan waktu untuk belajar sehingga kedepan dapat menjadi manusia yang berguna bagi masyarakat, bangsa dan negara.

Pada kesempatan tersebut Kepala sekolah MTs Negeri 1 Taliwang mengucapkan terimakasih atas kunjungan Dandim beserta staf di sekolahannya. “Alhamdulillah kami ucapkan terimakasih kepada Dandim 1628/Sumbawa Barat yang sudah menyempatkan diri untuk berkunjung dan memberikan ceramah kepada siswa kami tentang Wawasan kebangsaan”, kata Jalaludin.

Jalaludin berharap kehadiran Dandim ini dapat menjadi motivasi bagi siswa-siswi kami di sekolah sehingga dapat menambah semangat dan kemauan untuk terus belajar dan belajar agar cita-cita mereka dapat tercapai minimal menjadi anak-anak yang religius dan berakhlak terpuji”, tutupnya. (TN-00)

 

Related Articles

Back to top button