Politik

SDI Beberkan Hasil Survei Calon Pemenang Pilkada NTB 2018

Mataram, Talikanews.com – Sinergi Data Indonesia (SDI) merilis hasil survei tanggal 5-9 Juni, terhadap calon gubernur dan calon wakil gubernur NTB periode 2018-2023, yang akan berkompetisi tanggal 27 Juni mendatang.

Direktur SDI, Barkah Patimahu menjelaskan, survei itu menggunakan pola multistage random sampling dengan jumlah sampel 800 orang, margin of eror 3,54 persen, menggunakan instrumen kuesioner secara bertatap muka.

“Ini kita lakukan mulai dari tingkat kepala keluarga, Dusun , Desa, Kecamatan dan Kabupaten. Jumlah persentase kategori survei laki-laki sebanyak 50,17 persen, perempuan 49,83 persen. Mengacu pada DPT KPU, untuk laki-laki 49,26 persen dan perempuan 50,74 persen, “ungkapnya di Mataram, Jumat (22/6).

Lebih rinci Barkah memaparkan, survei itu dari semua kalangan, misal yang kategori muslim laki-laki 95,66 persen, mengacu pada data BPS diangka 96,78 persen.

Sedangkan agama lain sebanyak 4,34 persen, dari BPS 3,22 persen.
Oleh sebab itu, bisa dipastikan pasang Suhaili-Amin unggul dengan elektabilitas berada diatas paslon lain diangka 25,50 persen.

Dilanjutkan pasangan Ahyar-Mori perolehan 18,67 persen, Zul-Rohmi 18,67 persen dan Ali-Sakti pada angka 12,67 persen.

Dia menambahkan, tingkat partisipasi masyarakat untuk memilih sebanyak 96,70 persen janji akan datang. Sebanyak 2,40 persen mengatakan tidak tahu dan 0,90 persen tidak akan memilih.

“Yang masih rahasia atau tidak tahu 24,50 persen,” kata dia.

Barkah menegaskan, naiknya hasil survei pasangan Suhaili-Amin lantaran program kartu NTB sejahtera dan beberapa program lainnya. Perlu diketahui, jika berbicara para paslon pasangan Zul-Rohmi sebenarnya berada pada angka paling rendah. Akan tetapi, pola pengemasan diri Zul-Rohmi layaknya cara kepemimpinan seorang tokoh seperti TGB sehingga mampu bersaing dengan pasangan Ahyar-Mori.

“Alasan Suhaili-Amin unggul dari sisi popularitas, jika bicara hukumnya survei yakni siapa yang paling dikenal masyarakat sering di inget. Intinya, sisa popularitas semua bersaing, “ujarnya.

Swing voter paling besar yakni di Dompu. Jika bicara sigmen wilayah, masing-masing paslon memiliki wilayah unggulan, namun paling besar yakni Suhaili. Namun, bicara pulau seperti di Sumbawa, pasangan Ahyar-Mori cukup kuat karena ada Mori Hanafi. Sedangkan kekuatan Suhaili ada pada Golkar. (TN-04)

Related Articles

Back to top button