Daerah

Hati-Hati Tingginya Intensitas Hujan Dua Hari Kedepan

Mataram, Talikanews.com – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Stamet BIL Praya menganalisa kondisi cuaca hujan yang terjadi beberapa hari terakhir di musim kemarau ini. Dimana, dua hari kedepan intensitas hujan tinggi.

Prakirawan BMKG BIL Praya Levi Ratnasari menyampaikan, hujan yang terjadi beberapa hari terakhir ini disebabkan adanya kelelembaban udara terpantau di wilayah NTB pada lapisan permukaan hingga lapisan atas yang cukup signifikan mencapai 90 persen.

Tidak hanya itu, hujan yang terjadi pada musim kemarau ini disebabkan adanya konvergensi lokal khususnya di wilayah Lombok bagian barat dan utara sehingga memicu terbentuknya awan-awan hujan.

“Kami prakirakan konsentrasi uap air di wilayah NTB untuk dua hari kedepan masih cukup signifikan. Sehingga, hujan dengan intensitas ringan hingga sedang masih berpotensi sampai dua hari kedepan, “ungkapnya Selasa (19/6).

Dia mengaku, kalau berbicara musim, bulan ini sudah masuk musim kemarau. Kalau masuk musim kemarau, tidak berarti tidak ada hujan. Dimana, hujan dengan intensitas sedang dapat berpotensi terjadi di musim ini.

Disinggung apakah tingginya intensitas hujan tersebut akan berdampak pada banjir? Bagi dia, untuk potensi banjir mungkin tidak ada, namun masyarakat di imbau tetap selalu waspada. (TN-04)

Related Articles