Daerah

Sambut Libur Lebaran, LIA Operasikan Selasar dan Drop Zone

Lombok Tengah, Talikanews.com – Melihat peningkatan arus penumpang khusus tahun 2017 di Bandara Lombok International Airport (LIA) mencapai 3.589.812 pax. Jumlah ini meningkat 5 persen dibandingkan tahun 2016. Sedangkan kapasitas bandara saat ini 3.250.000 pax per tahun.

Tentunya, jumlah ini sudah melebihi kapasitas bandara. Oleh sebab itu, LIA menyiapkan program pekerjaan untuk peningkatan fasilitas dan kapasitas penumpang. Salah satunya adalah pembangunan area selasar untuk para penumpang.
Pembangunan membangun selasar, pick up dan drop zone seluas 120 m x 21 meter itu dimulai sejak November 2017. Namun kini telah rampung pada akhir Mei 2018. Sehingga pengoperasian selasar pick up dan drop zone ini di mulai pada hari Kamis 7 Juni 2018.

Keberadaan Flow penumpang dan kendaraan pun ikut berubah dengan adanya selasar, pick up dan drop zone yang baru. Kini pintu keluar sisi timur telah ditutup sehingga penumpang yang keluar dari area kedatangan dapat menggunakan pintu tengah menuju area selasar dan pick up zone. Sedangkan untuk penumpang keberangkatan dapat menggunakan sisi barat terminal sebagai area drop zone serta pintu masuk kedatangan.

Untuk flow kendaraan kini akan berubah total dari sebelumnya. Area parkir kendaraan roda dua telah di pidahkan sejak awal tahun lalu berada di sisi barat parkir eksisting. Kini kendaraan roda dua akan masuk dengan jalan yang sama dengan roda empat. Namun, akan berbelok ke sisi barat di mana area parkir kendaraan roda dua yang telah disediakan.

Untuk kendaraan roda 4 dan Bus tetap menggunakan jalan masuk yang sama seperti sebelumnya dan dapat menurunkan penumpang di area drop zone yang berada disisi barat terminal. Kemudian untuk penjemputan penumpang untuk kendaraan umum dan land transportation resmi bandara dapat menggunakan sisi barat selasar sebagai pick up zone. Untuk kendaraan travel, bus dan hotel dapat menggunakan sisi timur selasar.

“Kami berharap dengan beroperasinya selasar ini dapat meningkatan kenyamaan para penumpang di Lombok International Airport. Terlebih lagi saat ini kita akan segera memasuki arus mudik lebaran tentunya kami ingin memberikan kenyamanaan untuk para penumpang yang melaksanakan mudik lebaran tahun ini. Sebelumnya kami juga telah mengoperasikan lantai 3 sebagai ruang tunggu baru sebagai antisipasi lonjakan penumpang yang telah berlangsung sejak April 2018,” ungkap General Manager PT Angkasa Pura I LIA, I Gusti Ngurah Ardita.

Dia mengatakan, selain mempersiapkan fasilitas demi kenyamanan penumpang, dirinya harus mempersiapkan arus mudik menjelang lebaran. Dimana Lombok International Airport telah mempersiapkan posko untuk antispasi arus mudik lebaran.

Posko itu bertempat di lobby terminal untuk pelayanan , keamanan dan kesehatan. Untuk posko sendiri dilaksanakan selama H-8 lebaran yang terhitung mulai pagi ini 7 Juni hingga H+8 tanggal 24 Juli 2017. Tak lupa kegiatan posko ini juga melibatkan beberapa instansi lainnya seperti Lanud Rembiga, Polres Lombok Tengah, Kodim 1620/WB Lombok Tengah, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Mataram, Perum LPPNPI, Airlines dan Ground Handling.

Untuk prediksi puncak arus mudik diperkirakan pada H- 6 atau 5 dan H-3 atau 2. Sedangkan Prediksi puncak arus balik diperkirakan pada H+3 dan H+4. Sedangkan untuk jumlah peningkatan pesawat dan penumpang pada libur lebaran tahun ini diperkirakan akan meningkat 6 persen dari tahun 2017.

“Kami memperkirakan kenaikan penumpang dan pesawat pada libur lebaran kali ini sebesar 6 persen dari sebelumnya jika dilihat dari tren peningkatan trafik hingga bulan Mei 2018, “kata dia.

Sedangkan untuk trafick penumpang hingga Mei 2018 lanjutnya meningkat 6.7 persen dari Mei 2017 atau telah mencapai 1.513.076 pax. Untuk trafik pesawat pada Mei 2018 meningkat 6.3 persen atau tekah mencapai 14.820 pergerakan pesawat. Kemudian untuk cargo mengalami peningkatan yang cukup tinggi yaitu 33.7 persen atau telah mencapai 6.311.539 kg. Kami tentu berbangga hati dengan peningkatan yang telah kami capai, namun kami tidak akan berhenti untuk terus melakukan perbaikan baik fasilitas ataupun pelayanan untuk penumpang. (TN-04)

 

Related Articles

Back to top button