Politik

KPU : Logistik Pilkada Siap 90 Persen, Surat Suara Belum Diterima

Lombok Tengah, Talikanews.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lombok Tengah menyatakan kesiapan logistic untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) NTB yang jatuh tanggal 27 Juni 2018 sudah mencapai 90 persen.

“Kotak suara, tinta, alat coblos, segel dan lainnya sudah kami terima dari KPU Provinsi NTB,” ungkap Ketua KPU Loteng, Ary Wahyudi, SH. MH, Rabu (30/5).

Hanya saja kata Ary, pihaknya belum terima surat suara. Rencananya akan diberikan tanggal 3 Juni mendatang. Kalau pun datang tanggal 3 Juni, pihaknya akan langsung melakukan pelipatan surat suara dengan melibat masyarakat.

“Rencana akan dilakukan dua hari, tanggal 4-5 Juni,” terangnya.

Kemudian, setelah itu baru dimasukkan dalam bok dengan dilakukan penyegelan, serta pengawasan dari pihak Kepolisian, hingga dilakukan pendistribusian yang dilakukan tanggal 24-25 Juni.

“System dan pola pengamanan tetap dilakukan seperti dulu melibatkan Kepolisian dan TNI,” katanya.

Sementara, jumlah DPT sebanyak 720.244 pemilih. Sedangkan yang belum masuk dalam data base kependudukan atau belum memiliki surat keterangan pengganti e-KTP hingga sejumlah 7 ribu.

“Informasinya ini masih dideteksi oleh Dukcapil,” ujarnya.

Sedangkan dari jumlah TPS sebanyak 1500 kata Ary, tidak ada TPS yang khusus. Artinya, untuk pemilih yang ada di RSUD, Rutan dan lainnya nanti akan didatangi petugas TPS terdekat.

“Kalau tidak punya C5 mereka tidak bisa menggunakan hak pilihnya,” tandasnya. (TN-03)

Related Articles

Back to top button