Pendidikan

Sekolah ‘Pelang’ di Loteng Sudah Tak Ada

Lombok Tengah, Talikanews.com – Keberadaan sekolah ‘Pelang’ atau sekolah yang hanya ada papan namanya tanpa memiliki bangunan tinggallah kenangan. Pasalnya, kini sudah tidak ada lagi di Lombok Tengah.

Walaupun, beberapa silam lalu, Dinas Pendidikan Loteng mengakui ada sejumlah sekolah yang hanya memiliki pelang saja, kemudian siswanya belajar di berugak atau rumah bedek.

“Alhmdulillah kini sudah ada tidak ada lagi sekolah pelang,” ungkap Kepala Dinas Pendidikan Loteng, H Sumum, kemarin.

Kalau dulu pihaknya merasa miris melihat sekolah pelang, selain bangunan tidak ada, siswa diajak belajar di berugak dan rumah bedek. Sehingga, dengan berbagai cara dan upaya, ia terus mencari jalan agar sekolah tersebut memiliki bangunan permanen.

“Akhrinya, mulai tahun 2011 satu persatu sekolah pelang dibangunkan gedung permanen diatas lahan yang menjadi aset sekolah itu sendiri,” ujarnya.

Tidak hanya sebatas setelah bangunan ada, lantas tugas dan tujuan selesai. Namun, akses masuk menuju ke sekolah pun harus dipikirkan, pasalnya lokasi sekolah jauh dari akses jalan besar.

“Sekarang baik kendaraan roda dua maupun empat sudah bisa masuk ke akses sekolah itu,” terangnya.

Sementara, sekolah pelang itu dulu berada di SD Rerantek di desa Lantan, Batukliang Utara, SD Rerangkep, Karang Sidemen, Batukliang Utara, SD Gunung Borok di Steling, Batukliang Utara, SD Tembing Kekek, Aik Berik, Batukliang, SD Repok Monte di Teratak, Batukliang Utara, SD Rentung di Motong Ajan, Praya Barat Daya dan SD 3 Rembita, di Pujut.

“Malah SD Rentung menjadi sekolah tumbuh,” tungkasnya. (TN-03)

Related Articles

Back to top button