Nasional

Karena Tanggung Jawabnya, Kesejahteraan Kades Perlu Ditingkatkan

Lombok Tengah, Talikanews.com – Anggota Komisi XI DPR RI, H Willgo Zainar meminta pemerintah pusat memperhatikan peningkatan kesejahteraan kepala desa dan aparatnya, karena tanggung jawab yang dipikulnya bertambah besar dalam mengelola dana desa.

“Tanggung jawab yang dipikul kades kini cukup besar. Patut untuk diperhatikan kesejahteraannya,” ungkap dari Fraksi Gerindra daerah pemilihan NTB itu.

Bahkan lanjut Wilgo,  anak istrinya sering terabaikan oleh urusan pelaporan dana desa. Sehingga, ia juga meminta agar pelaporan pertanggungjawabannya juga bisa disederhanakan, cukup satu atau dua halaman, yang terpenting tranparansi, keakuratannya bisa terjamin. 

“Kami juga minta agar terjadi singkronisasi  terhadap peraturan perundang-undangan tiga kementrian, sehingga tidak terjadi salah tafsir, persepsi, terjemahan, dengan begitu tidak menjadi celah bagi pihak yang ingin mencari kelemahan dari penggunaan anggaran,” katanya.

Apalagi, dana desa ini terus mendapat pengawasan dari BPK RI, BPKP, kepolisian, kejaksaaan sampai KPK pun mengawasi desa.

“Ini harus menjadi perhatian kita, agar tidak ada kades yang terjerumus hokum,” ujarnya.

Selanjutnya, ia sangat mendukung kegiatan desiminasi dana desa yang dilakukan Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan, Kemenkeu. Karena, kegiatan ini sangat baik dan konkrit untuk pemahaman bagi kepala desa dan aparat desa tentang bagaimana dapat mengelola dana desa secara efektif, transparan dan akuntabel.

“Kami berharap dana desa bisa dikelola dengan baik, tepat sasaran dan sesuai dengan aturan,” tungkasnya. (TN-03)

Related Articles