Daerah

TPS Liar Masih Jadi Masalah di Kota Praya

Lombok Tengah, Talikanews.com – Tempat Pembuangan Sementara (TPS) masih menjadi masalah di Kota Praya. Pasalnya, para Pedagang Kaki Lima (PKL) yang berada di Alun-Alun Tastura, masjid Agung Praya dan pedagang di pasar Renteng masih membuang sampah mereka di TPS liar, seperti di Kampung Kauman, Kelurahan Praya, Praya tepatnya di dekat pertokoan Pink dan Duntal wilayah Renteng, Praya.

“Hanya dua TPS liar ini yang masih menjadi PR kami. Lainnya sudah kami tertibkan,” ungkap Kadis Lingkungan Hidup (LH) Lombok Tengah, L Rahadian.

Namun, dalam waktu dekat ini pihaknya akan menutup TPS liar yang ada di dekat pertokoan Pink dan duntal Praya. Dengan solusi, sumber sampah dari TPS liar dekat pertokoan Pink yang berasal dari PKL Alun-Alun Tastura dan Masjid Agung Praya akan disiapkan bok atau kantong plastik dan karung. Kemudian, petugas akan mengambil sampahnya dengan sistem jemput bola.

“Opsi kedua kami akan membuatkan tempat penampungan sementara yang statis, sehingga paginya kami angkut,” terangnya.

Sedangkan, untuk TPS liar Duntal, pihaknya berencana akan memindahkannnya ke lebih dalam dari lokasi semula. Sehingga, di tempat semula tidak terkesan kumuh.

“Rencananya tahun ini kami akan pindahkan,” jelasnya.

Sementara, untuk TPS liar lainnya, seperti di Karang Bulayak, kelurahan Tiwu Galih, Perum Tampar-Ampar, kelurahan Praya Tengah, dekat rumah makan Ikhtiar di pertokoan Praya sudah dilakukan penertiban.

“Malah cukup banyak TPS liar yang kami tertibkan selama ini,” tungkasnya. (TN-03)

Related Articles