Pariwisata

Pengeboman Surabaya Tak Pengaruhi Hunian Hotel di NTB

Mataram, Talikanews.com – Meski diterbitkan Travel Advice atau larangan perjalanan lima negara yaitu Inggris, Amerika, Australi, Hongkong dan Singapora akibat pengeboman bunuh diri yang terjadi di Surabaya dan Mapolresta Surabaya baru baru ini. Tidak pengaruhi kunjungan Wisman ke NTB, sehingga bisa dikatakan masih berjalan normal. Terbukti, sampai hari ini tidak ada satu wisman yang membatalkan perjalan wisatawan ke daerah seribu masjid ini.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PHRI NTB, Lalu Hadi Faisal menyampaikan, kondisi dilihat dari laporan hotel di NTB. Para tamu tidak ada yang membatalkan bookingan hotel berwisata ke NTB. Begitupun dengan kondisi tamu manca negara yang sedang berwisata masih menikmati liburan mereka.

“Tidak ada yang berpengaruh atau cemas dengan kejadian bom itu,” ungkapnya, Selasa (15/5).

Mengenai pengamanan hotel, lebih diperketat . Setiap kendaraan yang masuk dicek dengan uji metal detektor. Tidak hanya para tamu, hotel, mobil pejabat atau lainnya pun diperiksa. Langkah itu, semata mata bagian dari upaya pencegahan agar suasana hotel kondusif dan tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan.

“Kita terus lakukan pengecekan mulai dari mobil masuk hotel dan barang barang tamu dan kami minta maaf atas langkah pemeriksaan itu,” kata dia.

Faisal juga menjelaskan bahwa selama bulan puasa untuk meningkatkan akumpansing, hotel diminta agar memberikan diskon dari 20 hingga 30 persen adapaun pola diskonnya diserahkan sepenuhnya kepada pihak managmen hotel itu sendiri. 
Hal itu bertujuan untuk menarik minat wisman berlibur di NTB mengingat bulan ramadan bulan low season, kunjungan tamu menurun. Tidak hanya pemberian diskon, selama bulan puasa PHRI menyediakan program  Bulan Belanja Murah (BBM).

Untuk Dispar sendiri kata dia, agenda khazanah ramadan salah satu agenda yang disiapkan pemerintah provinsi untuk menarik kunjungan tamu luar daerah. Seperti tahun sebelumnya dimana kegiatan khazanah ramadan menghadirkan para imam besar Timur Tengah.

“Kami optimis dengan kegiatan dan program itu bisa kita naikkan akumpansing,” tutupnya. (TN-04)

Related Articles

Back to top button