Nasional

Sukses Tuan Rumah MCC, Gubernur NTB Didatangi Dubes AS

Mataram, Talikanews.com – Duta Besar Amerika Serikat Joseph Donovan temui Gubernur NTB, TGH M Zainul Majdi, untuk mengucapkan terima karena telah menjadi tuan rumah dan mendukung program  Millennium Challenge Corporation dan Millennium Challenge Account-Indonesia, untuk mendorong kesejahteraan ekonomi masyarakat Indonesia.

“Terima kasih atas dukungannya terhadap tugas penting Millennium Challenge Corporation dan Millennium Challenge Account-Indonesia, untuk mendorong kesejahteraan ekonomi masyarakat Indonesia, “ungkapnya, Senin (7/4).

Ucapan yang sama disampaikan kepada delegasi MCC, yang telah datang dari luar negeri untuk melihat secara langsung manfaat program-program MCC-Indonesia di seluruh pulau Lombok.

” Saya senang sekali mendapatkan kesempatan untuk memberikan selamat kepada Pemprov NTB atas keberhasilannya dalam menjalankan program-program MCC Compact dengan Indonesia, “kata dia.

Dia memaparkan, MCC Compact bersama Indonesia telah membuat landasan yang kuat bagi institusi-institusi pemerintah di Indonesia untuk membantu jutaan rakyat Indonesia hidup lebih sehat dan lebih sejahtera. Perlu juga merayakan kemitraan kita dalam upaya meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengadaan, mendorong pertumbuhan hijau, serta mempromosikan kesehatan dan gizi yang lebih baik di Indonesia.

Dimana, Amerika Serikat dan Indonesia berkomitmen untuk bekerja sama meningkatkan peluang ekonomi dan meningkatkan pelayanan pemerintahan bagi masyarakat Indonesia. Inilah mengapa selama lima tahun terakhir kami merasa sangat bangga dapat bekerja sama dengan Anda semua untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan mengentaskan kemiskinan di NTB.

“Kami percaya bahwa Indonesia yang sejahtera, demokratis, dan aman baik bagi Amerika Serikat, baik bagi kawasan, dan baik bagi dunia, ” ujarnya

Joseph mengaku, melalui MCC, Amerika Serikat bermitra dengan pemerintah Indonesia dan berkomitmen pendanaan lebih dari Rp 5,5 triliun untuk periode lima tahun untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan mengentaskan kemiskinan.

Untuk diketahui, ingin menggarisbawahi beberapa contoh sukses kemitraan yakni proyek Modernisasi Pengadaan telah melatih lebih dari 500 pekerja profesional Indonesia dengan keterampilan, sistem, proses, dan standar operasi yang tepat guna untuk menekan biaya dan mencapai efisiensi dan transparansi dalam proses pengadaan yang berkualitas.

program-program sel Proyek Gizi membantu menjadikan pertumbuhan tidak maksimal (stunting) sebagai salah satu prioritas nasional Indonesia. Kita telah melatih lebih dari 16.000 penyedia layanan terkait asupan yang baik bagi ibu hamil dan anak.

Selanjutnya, Proyek Kemakmuran Hijau mendanai 67 penerima hibah Indonesia untuk menjalankan program-program energi terbarukan, restorasi lahan gambut, pertanian berkelanjutan, dan peningkatan pengelolaan sumber daya alam.

“Di NTB, dan semua telah memperlihatkan komitmen luar biasa terhadap program ini, dengan menggabungkan kegiatan MCC Compact dengan rencana pembangunan yang sudah ada, “paparnya.

Walaupun program ini akan segera rampung lanjutnya, banyak yang sudah bekerja keras untuk melanjutkan kesuksesannya. Contoh luar biasa dari Proyek Modernisasi Pengadaan, unit jasa pengadaan percontohan dari proyek ini menjadi salah satu Pusat Keunggulan pertama untuk pengadaan di Indonesia. Unit jasa pengadaan lainnya berbagi praktik terbaik dan menjadi mentor bagi unit lain.

Ini adalah contoh-contoh luar biasa akan bagaimana pemerintah setempat dan daerah bekerja sama untuk menghadapi tantangan dan meraih prestasi dan meneruskan kesuksesan tersebut dengan membagikannya kepada yang lain. Ini lah kunci kemajuan yang abadi.

MCC Compact dijalankan oleh masyarakat Indonesia, untuk masyarakat Indonesia. “Saya yakin akan mempertahankan upaya ini, dan meneruskan investasi yang telah kita tanam selama lima tahun terakhir,” terangnya.

Terkait hal itu, Gubernur NTB, TGH M Zainul Majdi menyampaikan, kedatangan Joseph Donovan tersebut sengaja bertemu untuk sampaikan apresiasi terhadap Pemerintah Provinsi NTB, karena ketiga program MCC berjalan baik di NTB.

Bagi sapaan TGB itu menegaskan bahwa ini bentuk kolaborasi yang baik dan produktif dan semua itu bisa dijadikan pondasi kuat. Contoh pembudidayaan garam di Loteng, kini sudah tembus pasar dan punya branding khusus.

“Sebagai Gubernur, saya juga ucapkan terima kasih atas kepercayaan menjalankan program tersebut,” tutupnya. (TN-04)

Related Articles

Back to top button