Pendidikan

Hasil UN, SMA Swasta Saingi SMA Negeri

Lombok Tengah, Talikanews.com -Sekolah swasta kini tak mau kalah bersaing dengan sekolah negeri. Buktinya, berdasarkan hasil Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMA swasta bisa berada diperingkat kedua di sepeluh besar mengalahkan SMA Negeri lainnya.

Kasi Kesiswaan pada UPT layanan Dikmen dan Pk-PLK Lombok Tengah, Junaidi mengatakan, keberadaan SMA swasta kali ini sudah bisa mengimbangi SMA negeri. Pasalnya, dari hasil UN, SMA swasta sudah bisa membuktikan persaingannya.

Malah di mata pelajaran IPA, SMA swasta meraih peringkat kedua, yakni SMA Plus Munirul Arifin NW Praya dengan nilai rata-rata 52.94.

Kemudian, di mata pelajaran IPS bisa meraih peringkat ketiga, lagi-lagi di pegang SMA Plus Munirul Arifin NW Praya dengan nilai rata-rata 42.20. Sedangkan, di mata pelajaran Bahasa ada tiga SMA swasta yang masuk peringkat 10 besar. Seperti, SMA Islam uswatun Hasanah berada di peringkat ke-6, SMA Islam Arrahmaniyah Mujur peringkat ke-7 dan SMA NW Pendem berada di peringkat ke-8.

“Untuk ketiga mata pelajaran itu, peringkat pertama tetap diraih SMAN 1 Praya,” terangnya.

Oleh sebab itu, terhadap hasil UN ini telah membuktikan adanya pemerataan di dunia pendidikan di Loteng. Karena, SMA swasta sudah bisa bersaing dan berada di posisi 10 besar.

“Ini bukti keberhasilan dunia pendidikan di Loteng telah terjadi pemerataan dalam memberikan pendidikan terhadap siswa,” terangnya.

Sementara, terhadap nilai yang diperoleh siswa tahun ajaran ini mengalami penurunan. Itu disebakan ada beberapa soal terdapat tingkat kesukarannya tinggi. Namun, penurunan nilai ini tidak hanya terjadi di Loteng, bahkan semua sekolah di NTB maupun se Indonesia mengalami hal yang sama.

Dengan demikian, ia berharap kedepan agar semua sekolah bisa lebih giat lagi memberikan pelatihan atau pengayaan. Begitu pula kepada siswa agar lebih giat lagi belajar.

“Kita berharap tahun depan bisa mendulang prestasi gemilang lagi,” tungkasnya. (TN-03)

Related Articles

Back to top button