Hukum & Kriminal

Wujudkan Puasa Nyaman, Polsek Pringgarata Ketemu Penguasa Kecamatan

Lombok Tengah, Talikanews.com – Demi mewujudkan ‘puasa aman lebaran nyaman’ sebagai untuk menyambut bulan puasa tahun ini, Mapolsek Pringgarata mengadakan tatap muka Kapolsek bersama Forkopimca, Kepala Desa, Kepala Dusun, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, serta BKD se- Kecamatan Pringgarata.

Kegiatan itu diselenggarakan di halaman Mapolsek Pringgarata pada Kamis, (03/5) dan dihadiri oleh sekitar 250 orang dan merupakan ide dan gagasan langsung dari Kapolsek Pringgarata.

Dalam sambutannya, Kapolsek Pringgarata, AKP SUPYAN HADI, S.H., mengatakan, kegiatan ini dalam rangka menyatukan Visi/Misi guna mewujudkan puasa yang aman dan Lebaran yang nyaman bagi masyarakat.

Lebih jauh, Kapolsek Pringgarata menyampaikan bahwa situasi Kamtibmas di wilayah hukum Polsek Pringgarata sejauh ini terpantau kondusif. Hal tersebut tidak lepas dari peran serta Masyarakat yang ikut membantu Pihak Kepolisian.

“Sekalipun ada beberapa permasalahan permasalahan yang terjadi di Masyarakat,” ungkapnya.

Dia mengatakan, tidak lama lagi masyarakat khususnya yang beragama Islam akan menghadapi Bulan Suci Ramadhan. Ada beberapa permasalahan yang timbul di masyarakat khususnya di beberapa Desa yang ada di Kecamatan Pringgarata seperti peredaran petasan, balap liar, balap lari yang juga disertai dengan uang taruhan atau judi.

“Belajar dari pengalaman Bulan Suci Ramadhan tahun lalu dan berharap tahun ini tidak ada bunyi petasan yang dapat mengganggu kenyamanan saat beribadah,” harapnya.

Terkait dengan permasalahan seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, pihaknya memberikan sejumlah solusi yang akan diambil apabila permasalahan tersebut masih terjadi. Tentunya dengan melakukan koordinasi ataupun komunikasi terlebih dahulu dengan Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, ataupun Pihak terkait.

“Sehubungan dengan permasalahan kendaraan yang digunakan dalam aksi balap liar, akan kita amankan di Mapolsek Pringgarata selama 5 minggu sebagai efek jera, sehingga tidak mengganggu Sitkamtibmas,” lanjutnya.

Kapolsek pringgarata mengharapkan, peranan dari Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, maupun pihak terkait untuk meneruskan apa yang menjadi hasil dari kesepakatan hari ini agar disampaikan kepada seluruh lapisan masyarakat.

“Selama Bulan Suci Ramadhan, akan ada Program dari Pihak Kepolisian yang akan dilaksanakan pada saat Sahur dan Buka Puasa,” tutupnya.

Sementara itu, Danramil Pringgarata, Kapten Inf. L. Rohandi menyampaikan, pihaknya sangat mendukung sepenuhnya apa yang menjadi gagasan dari Kapolsek Pringgarata.

Dalam kesempatan tersebut, Danramil Pringgarata juga menyampaikan bahwa permasalahan-permasalahan, potensi-potensi konflik yang biasa terjadi selama Bulan Ramadhan hendaknya bisa diminimalisir untuk mewujudkan puasa yang aman dan Lebaran yang Nyaman.

“Oleh karena itu untuk mewujudkannya maka peranan dari para Tokoh maupun Elemen Masyarakat sangat diharapkan,” ungkap Danramil yang belum lama menjabat di Pringgarata.

Sementara itu, Sekcam Pringgarata, H. Masnun, menyatakan bahwa masyarakat memberi dukungan penuh terhadap apa yang dilakukan oleh Polsek Pringgarata.

Dalam kesempatan tersebut, Sekcam Pringgarata juga mengajak kepada seluruh Tokoh maupun Komponen Masyarakat yang ada untuk mendukung sepenuhnya apa yang menjadi Program dari Kapolsek Pringgarata.

“Permasalahan yang biasa terjadi pada Bulan Ramadhan seperti balap liar, peredaran petasan, maupun penyakit masyarakat lainnya sangat meresahkan, oleh karena itu dukungan dari Tokoh Masyarakat maupun Komponen Masyarakat lainnya sangat diharapkan untuk mewujudkan kenyamanan selama Bulan Ramadhan,” ungkapnya. (CR-1.TN)

Related Articles

Back to top button