Daerah

Serentak Di 50 Wilayah, Kegiatan TMMD ke 101 Tahun 2018 Ditutup langsung Kasad

Sumbawa Barat, Talikanews.com – Di hari Kedua Kunjungan Kepala Staf TNI AD Jenderal TNI Mulyono di NTB, setelah meresmikan Kodim 1628/Sumbawa Barat tadi pagi, langsung menuju Graha Fitrah Kantor Bupati Sumbawa Barat untuk menutup kegiatan TMMD ke 101 Tahun 2018, Kamis (3/5).

Penutupan TMMD ke 101 tahun 2018 ini dilakukan oleh Kasad secara terpusat di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) yang dihadiri anggota DPR RI Fraksi PAN, Forkopimda NTB dan KSB, para SKPD KSB dan masyarakat berlangsung meriah.

Dalam amanatnya, Jenderal TNI Mulyono mengucapkan terimakasih atas dukungan pemerintah daerah dan semua pihak yang telah membantu pelaksanaan kegiatan TMMD ke 101 tahun 2018.

“Sesuai dengan tema TMMD tahun ini, TNI Manunggal Rakyat Membangun Karakter dan Kemandirian Bangsa, tidak hanya menghasilkan output berupa fisik saja namun juga mampu membangun karakter bangsa terutama generasi muda sehingga bisa mendorong generasi muda menjadi kompetitif dan mandiri”, harapnya.

Pada kesempatan tersebut, Mulyono juga mengajak seluruh komponen bangsa agar berpartisipasi aktif dalam pembangunan nasional dengan memanfaatkan pesta demokrasi secara bijak dan bertanggung jawab dalam memilih calon kepala daerah demi rakyat dan bangsa Indonesia.

Dilanjutkannya, kerja keras yang dilakukan di 50 wilayah yang menjadi sasaran TMMD, telah memberikan hasil yang signifikan dan bermanfaat bagi masyarakat yang ada disekitarnya.

“Adapun kegiatan non fisik sebagai penguatan imunitas bangsa yang dilaksanakan disela-sela pengerjaan sasaran fisik yang bertujuan untuk meningkatkan daya saing generasi muda”, tutup orang nomor satu di jajaran TNI AD tersebut.

Acara penutupan TMMD kemudian dimeriahkan dengan tarian etnis daerah dan terjun payung yang dilakukan oleh personel Kopassus dan Kostrad dengan membawa bendera Merah Putih, TNI AD, Kodam IX/Udayana dan bendera lambang KSB.

Usai menutup kegiatan TMMD, Kasad beserta rombongan menuju tenda depan Masjid Agung Darussalam KSB untuk memberikan orasi kebangsaan dihadapan ribuan masyarakat dan penyerahan sembako kepada seluruh masyarakat yang hadir.

Terpisah Kepala Dinas Penerangan TNI AD (Kadispenad) Brigjen TNI Alfret Denny Tuejeh menyampaikan bahwa Kasad sangat berkesan dengan acara penutupan TMMD kali ini terutama penyambutan Bupati KSB bersama masyarakatnya berjejer disepanjang jalan membawa bendera merah putih sebagai tanda jiwa nasionalisme anak bangsa yang harus dipupuk dan dibina.

Menurutnya, ini adalah kegiatan yang paling meriah dan berkesan selama mengikuti kegiatan penutupan TMMD”, pungkasnya.

*Kasad Berikan Orasi Kebangsaan*

Kasad Jenderal TNI Mulyono memberikan orasi kebangsaan kepada ribuan masyarakat di tenda depan Masjid Darussalam KSB. Orasi kebangsaan tentang berbagai macam persoalan bangsa mulai dari sejarah bangsa hingga kondisi terkini bangsa Indonesia.

“Indonesia tidak bisa menghindar dalam persaingan global yang sangat kompetitif. Disisi lain, secara internal bangsa kita masih menghadapi permasalahan dalam berbagai bidang sehingga sangat membutuhkan generasi muda yang kompetitif dan militan dengan kebangsaan Indonesia”, sebut Mulyono.

Mulyono mengajak masyarakat untuk mengingat kembali sejarah sebelum kemerdekaan, Indonesia pernah jaya pada masa kerajaan Singosari, Sriwijaya, Majapahit dan kerajaan-kerajaan lainnya yang pernah menjadi pusat peradaban dunia. Namun sambungnya, kerajaan itu hanya tinggal nama karena kalah bersaing termakan oleh jaman.

“Kita tidak ingin NKRI mengalami nasib yang sama dengan kerajaan itu, kita harus memiliki kekebalan bangsa atau Imunitas Bangsa yang memiliki hakikat dalam menghadapi setiap perubahan global”, tegasnya.

Terkait dengan itu lanjutnya, TNI AD berkomitmen memegang teguh jati diri Prajurit sebagai Tentara Rakyat, Tentara pejuang, Tentara Nasional dan Tentara Profesional yang dijabarkan melalui kegiatan TMMD untuk terus menjaga budaya gotong royong dan kebersamaan”, pungkasnya. (TN-00)

 

Related Articles

Back to top button