Daerah

Hari Buruh Di Isi Kegiatan Positif

Lombok Tengah, Talikanews.com – Menjelang peringatan Hari Buruh Internasional (May Day) yang jatuh tanggal 1 Mei mendatang, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Lombok Tengah, H Masrun, SH mengajak suluruh pekerja untuk berbuat baik. Misalnya, di hari buruh ini, pekerja melakukan bhakti social dengan mengumpulkan orang-orang jumpo dan dhuafa. Artinya, peringatan hari buruh itu dilakukan dalam bentuk kegiatan positif, bukannya dilakukan dalam hal-hal negative.

“Kedepan kami akan ajak semua perusuhaan dan pekerja untuk turun ke jalan dalam kegiatan bhakti social,” ungkapnya.

Apalagi, di Lombok Tengah semua pekerja sudah diperlakukan dengan baik. Artinya tidak ada yang diperlakukan tidak adil. Untuk upahnya saja, pekerja sudah menerima sesuai dengan UMK, yakni sebesar Rp 1. 832.500.

“Rata-rata perusahaan sudah memberi upah sesuai dengan UMK,” jelasnya.

Memang akui Masrun, diperusahaan kecil atau sifatnya perusahaan keluarga belum bisa memberikan upah sesuai dengan UMK. Tapi paling tidak sudah bisa memberikan upah, walaupun sebesar Rp 1 juta. Namun, terhadap perusahaan kecil ini tidak perlu terlalu digubris. Karena, kalau digubris itu akan menimbulkan masalah, bukan malah menyelesaikan masalah.

Contohnya, kalau didalam perusahaan kecil itu ada tujuh karyawannya, kemudian untuk memenuhi upah sesuai dengan UMK harus ada pengurangan pekerja. Sehingga, inilah yang dikatakan jangan sampai menyelesaikan masalah, malah menimbulkan masalah gara-gara ada yang harus dikeluarkan dari perusahaan itu.

“Intinya perlakuan perusahaan yang ada di Loteng sudah bagus dan baik,” jelasnya.

Sementara, jumlah perusahaan yang terdaftar dari dinas perizinan di tahun 2017 sebanyak 749 perusahaan, baik perusahaan besar maupun kecil.

“Semuanya juga sudah memilki izinnya,” tungkasnya. (TN-03)

Related Articles

Back to top button