Daerah

Cuaca Tak Menentu, Pendaki Jalur Aik Berik Diminta Waspada

Lombok Tengah, Talikanews.com – Pendakian melalui jalur Aik Berik, Batukliang Utara ke Gunung Rinjani tetap ramai. Disatu sisi, cuaca ektrim perlu diwaspadai. Pasalnya, bulan-bulan ini cuaca masih tidak menentu, itu dilihat dari posisi awan yang masih tebal.

“Sementara ini kami himbau para pendaki untuk tetap waspada,” imbuh Ketua Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Loteng, H Muhammad diruang kerjanya, Jum’at (27/4).

Artinya, dengan kondisi awan yang masih tebal, itu bisa menimbulkan hujan dan angina kencang. Oleh sebab itu, sebaiknya para pendaki menunggu hingga selesai bulan Ramadhan, baru bisa mendaki lagi.
Apalagi, trek yang akan dilalui lewat jalur Aik Berik. Dimana, kondisi trek disana masih alami.  Bahkan, beberapa waktu lalu ada pendaki yang hilang. Namun, itu sudah ditemukan.

“Kalau mendaki lewat sana juga harus gunakan pawang atau pemandu,” ujar mantan Kabag Aset Setda Loteng.

Kemudian, dengan banyaknya kejadian melalui jalur Aik Berik tersebut, pihaknya berencana akan membuatkan awik-awik atau tata karma pendakian. Dimana, di dalam awik-awik itu nanti akan mengatur tentang melintasi jalur pendakian Aik Berik. Salah satunya, setiap pendaki harus minta izin dulu ke tokoh masyarakat, Kadus atau pun Kades setempat.

Kemudian, semua ini dilakukan agar diketahui siapa dan berapa yang mendaki lewat jalur Aik Berik. Sehingga bila terjadi sesuatu bisa terdektesi dengan cepat dan ditangani.

“Kalau sekarang kita tidak tahu siapa dan kapan para pendaki naik lewat jalu tersebut. Sehingga bila terjadi apa-apa kami tidak tahu,” terangnya.

Diakui Muhammad, untuk jalur Aik Berik memang sudah dibuka oleh Pemkab Loteng untuk jalur pendakian ke Gunung Rinjani beberapa tahun lalu. Cuma, walaupun sudah ada jalur pendakiannya, paling tidak para pendaki harus minta izin atau menggunakan pemandu.

“Intinya juga kalau sudah diatas, para pendaki harus hati-hati dengan cuaca yang terjadi setiap saat,” tungkasnya. (TN-03)

Related Articles

Back to top button