Nasional

Tingkatkan Kemampuan Aparat Kewilayahan , Kodam IX/Udayana Gelar Penataran Kemampuan Teritorial Tersebar

Mataram, Talikanews.com – Kondisi perubahan sosial kemasyarakatan setiap saat bergerak secara dinamis sesuai dengan perkembangan zaman. Hal menuntut satuan teritorial terutama para Bintara pembina desa (Babinsa) selaku ujung tombak terdepan satuan teritorial di daerah untuk memacu diri menambah wawasan dan pengetahuan. Untuk mendukung hal tersebut, Kodam IX/Udayana menggelar penataran kemampuan teritorial tersebar tahun 2018 di Aula Sudirman Makorem 162/WB, Selasa (24/4).

Acara penataran yang dibuka langsung Asisten Teritorial Kasdam IX/Udayana Kolonel Inf I Kadek Subawa, S.Sos., yang diikuti oleh ratuan personel Babinsa jajaran Kodam IX/Udayana yang meliputi Korem 161/WS, Korem 162/WB dan Korem 163/WSa, Personel TNI AL yakni Lanal Mataram, Lanal Denpasar dan dari personel TNI AU dari Lanud Rembiga, Lanud Eltari Kupang dan Lanud I Gusti Ngurah Rai.

Pangdam IX/Udayana Mayor Jenderal TNI Benny Susianto, S.IP., dalam amanatnya yang dibacakan Aster Kasdam IX/Udayana menyampaikan pembinaan teritorial harus dilaksanakan secara terencana, terpadu dan berkesinambungan melalui pengumpulan, pengolahan dan penganalisaan data teritorial secara akurat sehingga aparat satuan Komando Kewilayahan harus memiliki kemampuan dalam melaksanakan pembinaan teritorial agar dapat menjawab tantangan tugas yang semakin kompleks.

PSX_20180424_171810

Dilanjutkannya, tujuan diselenggarakannya penataran ini untuk meningkatkan kemampuan aparatur teritorial TNI melalui penataran kemampuan teritorial tersebar agar dapat melaksanakan pembinaan teritorial secara optimal.

Adapun sasaran yang ingin dicapai sambung I Kadek Subawa, antara lain; terwujudnya Prajurit TNI yang memiliki kemapuan teritorial dengan menjaga komitmen netralitas TNI dalam Pilkada maupun pemilu mendatang, memiliki etos kerja yang tinggi, kreatif, inovatif dan leadership di lingkungannya, dan terbangunnya rasa cinta tanah air serta memiliki daya tangkal terhadap setiap permasalahan yang dapat mengganggu stabilitas wilayah.

“Kepada seluruh peserta agar memperhatikan dan menyimak secara sungguh-sungguh semua materi yang diberikan”, pungkasnya.

Sesuai jadwal penataran kemampuan teritorial tersebar ini akan dilaksanakan selama tiga hari terhitung mulai hari ini hingga Kamis mendatang dengan berbagai materi tentang ilmu teritorial yang disampaikan dari Staf Teritorial Kodam IX/Udayana, sedangkan untuk materi Pamanfaatan Medsos sebagai sarana publikasi kegiatan teritorial diberikan oleh Waka Pendam IX/Udayana. (TN-00)

 

Related Articles

Back to top button